Tanah Longsor di Wilayah Tuban Selatan, Camat Senori: Segera Diperbaiki

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Intensitas  hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten Tuban semalam, mengakibatkan banjir disejumlah ruas jalan. Bahkan, tanah longsor terjadi di Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. 

Saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Camat Senori, Minto Ikhtiar membenarkan jika tanah longsor tersebut terjadi di wilayah kepemimpinannya. Menurutnya, hal itu dipicu lantaran intensitas hujan yang terlalu deras dengan durasi yang cukup lama. 

"Iya benar (ada tanah longsor) ini sedang ada di lokasi, longsor terjadi pada saat hujan deras," paparnya kepada blokTuban.com, Rabu (30/11/2022). 

Melihat kondisi tersebut, lanjutnya, maka pihak Pemerintah Desa (Pemdes) setempat bergerak cepat dengan memperbaiki kawasan longsor. Dengan dibantu oleh pihak Pertamina, sehingga masyarakat diminta tidak perlu khawatir. 

Pasalnya, kendati saat ini jalan tersebut masih dalam proses perbaikan, namun para pengendara masih bisa dan diperbolehkan untuk melewati jalan di kawasan itu. Hanya saja, kendaraan bermuatan berat masih belum diperbolehkan untuk melintas, karena masih sangat rawan. 

"Saat ini sedang diperbaiki oleh desa dengan dibantu oleh  pihak Pertamina. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Lebar tanah yang longsor sekitar 8 cm dan tingginya 6 m," sambungnya. 

Selain intensitas hujan yang tinggi, Minto sapaan akrabnya juga menambahkan jika peristiwa ini terjadi disinyalir karena gorong-gorong yang terlalu kecil, sehingga tidak mampu menampung debit air. Akibatnya, air meluber ke jalan dan menjadi longsor. 

"Rencana usulan kita dipasang udith, gorong-gorong yang lama kita bongkar dan diganti udith," pungkasnya. 

Sementara itu, Kapolsek Senori, AKP Ali Kanafi mengatakan bahwa saat ini pihak kepolisian bersama dengan masyarakat setempat, telah memasang tanda bahaya berupa garis polisi, guna pengamanan pengguna jalan. Mengingat, ruas jalan tersebut sering dilewati oleh masyarakat, karena menghubungkan Desa Banyuurip dengan Padangan. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS