Rumah Warganya Tak Layak Huni, Koramil 10 Bangilan Tuban Turun Tangan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kondisi rumah milik Irkhamni (62), warga Desa Kedungharjo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban sangat memprihatinkan. Saat petugas Babinsa setempat mendatangi rumah tersebut, bangunan rumah itu masuk kategori tidak layak huni, Jumat (18/11/2022). 

Sesuai dengan intruksi Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Jenderal TNI DR. Dudung Abdurachman,  kepada seluruh Babinsa TNI Angkatan Darat untuk masuk ke dapur-dapur rumah warga di setiap wilayah tugasnya. 

Program baru Babinsa Masuk Dapur ini dilakukan untuk memastikan agar masyarakat tidak ada yang kelaparan akibat kekurangan bahan makanan. Tidak hanya itu saja, Babinsa juga harus mengetahui jangan sampai ada warga yang tidak makan, begitu juga dengan kondisi rumahnya.

Melalui Program tersebut saat ini Babinsa Koramil 10 Bangilan melaksanakan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Sasaran RTLH tersebut tak lain rumah Irkhamni. Disela-sela kegiatannya, Danramil 10 Bangilan Mayor Inf Mahmud menyampaikan, kegiatan bedah rumah ini dalam rangka mendukung program dari Bapak KASAD tentang bedah RTLH kelanjutan dari kegiatan Babinsa masuk dapur warga, bagi masyarakat tidak mampu.

“Kegiatan bedah rumah ini, program dari KASAD dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satunya yaitu dengan membantu warga yang kurang mampu untuk memiliki rumah yang layak di huni, dengan gotong-royong dalam bedah rumah ini merupakan wujud kepedulian TNI dengan masyarakat,” ungkapnya

Lanjut Danramil mengatakan, diketahui bersama rumah milik Irkhamni, ini kondisinya sangat memprihatinkan dan sudah tidak layak dihuni. Dengan adanya program bedah rumah ini, Koramil 10 Bangilan bersama warga melakukan perehaban rumah.

“Banyak manfaat yang diperoleh dari gotong-royong bedah rumah ini, selain untuk meningkatkan hubungan komunikasi, juga mendekatkan diri dengan masyarakat di wilayah binaannya, “tutupnya.

Selain untuk membantu pekerjaan bedah rumah, kegiatan ini juga merupakan tugas dan tanggung jawab Babinsa sebagai aparat komando kewilayahan, untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang manfaatnya bisa langsung dirasakan, sehingga sasaran tugas pokok Pembinaan Teritorial (Binter) bisa tercapai sesuai harapan.

Irkhamni yang saat ini rumahnya sedang di renovasi, mengucapkan terima kasih kepada Bapak TNI dari Koramil Bangilan.

"Alhamdulillah semoga saya mempunyai rumah yang layak untuk di huni," tutupnya. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS