Muncul Sebutan Desa Brilian di Tuban, Diproyeksi Jadi Penghasil Aneka Buah

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Beragam sebutan disematkan kepada desa-desa yang ada di Kabupaten Tuban. Terbaru, ada 20 desa yang tersebar di 20 kecamatan Tuban memiliki sebutan desa brilian. 

Sebutan ini bukan tanpa sebab. Maksud desa brilian yaitu desa yang kini menjadi binaan BRI Cabang Tuban. Sebagai desa binaan BRI, setiap desa ke depan diproyeksi menjadi penghasil aneka buah produktif. 

Sebut saja Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo yang dilakukan penanaman 150 bibit Alpukat dan Klengkeng, Jumat (4/11/2022) pagi. Penanaman tersebut diinisiasi oleh Ka. Unit BRI Tambakboyo, Tri Chahya dan didukung oleh Pgs. Danramil 13 Tambakboyo Lettu Inf Sunaryo, Kapolsek Tambakboyo AKP Eko Sumaryono, Kades Sawir, dan tamu undangan.

Program membagi dan menanam pohon produktif dilakukan BRI Cabang Tuban dengan membagikan kurang lebih 2.200 pohon produktif untuk seluruh kecamatan se-Kabupaten Tuban.

Tri Chahya, Kapala Unit BRI Tambakboyo mengatakan bahwa BRI Mmnanam ini adalah program untuk menghijaukan lingkungan dengan pohon produktif, sehingga nantinya hasil buah bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Ia juga menyampaikan, program BRI menanam membagikan bibit pohon sesuai dengan kondisi dan kebutuhan desa brilian. Sebelum membagikan pohon, pemdes dan petani setempat diberi kesempatan untuk memilih jenis pohon yang akan ditanam. 

"Dari pihak desa brilian di Tuban meminta pohon kelengkeng dan alpukat," ujarnya. 

Tri Chahya menambahkan, BRI menanam adalah program untuk lingkungan dan memberdayakan masyarakat. Nantinya desa dan masyarakat dapat merasakan manfaat langsung atas hadirnya program tersebut.

"BRI terus berkomitmen untuk dekat dengan nasabah dan masyarakat melalui berbagai programnya," katanya. 

Lettu Sunaryo yang hadir dalam acara mengapresiasi dan mendukung program yang dilaksanakan BRI Tuban khususnya untuk wilayah Tambakboyo.

Menurut dia, program tersebut sangat tepat sasaran. Mengingat desa yang dipilih merupakan daerah dengan tanah subur dan cadangan air besar. Diharapkan  pohon tersebut di rawat sebaik mungkin yang nantinya akan memberi manfaat kepada masyarakat.

"Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Semoga beberapa tahun ke depan pohon ini sudah bisa di nikmati warga," tandasnya. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS