Jembatan Plaosan Lamongan Ambles, BBPJN VIII Jatim : Kerusakannya Menyeluruh

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Jembatan Plaosan Babat-Lamongan ambles pada Jumat (4/11/2022) sekitar pukul 01.00 Wib. Jembatan penghubung Tuban-Lamongan itu akan dibongkar total karena kerusakannya menyeluruh. 

Keterangan pihak BBPJN VIII Jatim di lokasi kepada media, setelah tim mengamati secara detail ditemukan terdapat penurunan grider di seluruh jembatan. Pada ujung grider terjadi penurunan 10-15 centimeter. 

"Terjadi penurunan grider 10-15 Cm di ujung, sehingga harus diperbaiki secara kesluruhan," ujar Pengawas Lapangan BBPJN VIII Jatim, Setyo Hari Santoso. 

Dalam waktu dekat, kata Setyo untuk mengganti grider maka harus dilakukan pengukuran. Setelah itu, menunggu grider pengganti datang dan membiarkan kondisi jembatan lama seperti apa adanya. 

"Kalau diagnti semua, perkiraan ada lima grider," imbuhnya. 

Pengaspalan dan pemasangan plat besi setebal 2 cm awalnya akan dilakukan, namun menurut Setyo tidak dapat dilakukan melihat kerusakan jembatan menyeluruh. Sembari koordinasi pembongkaran, pihaknya akan menunggu grider pengganti dan alat berat datang. 

Untuk waktu pembongkaran jembatan plaosan, pihaknya belum dapat memastikan karena menunggu grider pengganti dipesan. Selain itu, masih ada proses pengukuran baru setelahnya dapat menghitung estimasi waktu yang dibutuhkan. 

"Yang lama pemesanan grider ini, jadi kami akan terus koordinasi," jelasnya. 

Untuk menghindari kecelakaan pengguna jalan, pihaknya akan berkoordinasi dengan polisi untuk memasang rambu dan penerangan khususnya malam hari. 

Diketahui, Jembatan Plaosan ambles memiliki panjang 8-10 meter dengan penurunan 10-15 Cm. Amblesnya jembatan di jalur nasional itu berpengaruh pada pada transportasi kendaraan berat dan kendaraan pribadi. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS