Rengginang Kelor Tuban Juara 2 Lomba TPH Jatim

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Kelompok Wanita Tani (KWT) Padang Terang asal Desa Dawung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban sukses menjadi juara 2 lomba pelaku usaha Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) tingkat Jawa Timur.

Keikutsertaan KWT Padang Terang pada lomba agribisnis tanaman pangan dan hortikultura tingkat Provinsi Jawa Timur, usai mendapat rekomendasi Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Tuban. KWT Padang Terang memiliki 15 orang anggota yang seluruhnya ibu rumah tangga.

“Kami bisa mengikuti lomba karena di usulkan oleh Dinas Pertanian, untuk mengikuti lomba tingkat Jawa Timur,” ujar Srikayatin (45) Ketua KWT padang terang kepada blokTuban.com, Jumat (21/10/2022).

Srikayatin menambahkan, produk yang mendapat poin banyak dan menarik perhatian dewan juri yaitu rengginang kelor. Pada umumnya rengginang berasa asin atau manis, tetapi setelah ditambah inovasi sedikit dengan kelor maka menjadi produk berbeda dan menjadi primadona. 

“Yang paling di lirik rengginang kelor. Di mana produk tersebut telah menjangkau pasar Bali dan luar Pulau Jawa," tambah wanita yang juga seorang guru mengaji ini.

Baca juga :

62 UMKM Binaan SIG Tuban Belajar Manajemen Bisnis Digital

Imbas Kenaikan BBM, Pelaku UMKM di Tuban Naikkan Harga Jualannya

Rahasia Lampu Hias Buatan Warga Rembang Tembus Pasar Jatim dan Jabar

Peserta dari perlombaan ini, lanjutnya berasal dari berbagai wilayah. Mulai Trenggalek, Tulungagung, Malang, Lumajang, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Pasuruan, Madiun, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Sampang, dan Pamekasan. 

Tepatnya pada 19 Oktober 2022, KWT Padang Terang mendapat undangan untuk hadir di Gedung JX Internasional dan Exibition ( Jatim Expo ) Jl Ahmad Yani nomor 99 Wonocolo, Surabaya. Bertepatan acara Hari Pangan Sedunia ( HPS ) ke – 42 Tahun 2022 di Provinsi Jawa Timur.

"Kami senang dan bersyukur bisa menjadi juara 2, akan tetapi ia tak mau puas diri begitu saja, karena belum bisa menjadi juara 1," jelasnya. 

Ia bersama kelompoknya bertekad tahun depan menjadi yang terbaik di Jatim. Sekaligus terus berupaya menciptakan inovasi baru khususnya bidang tanaman pangan dan holtikultura. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS