15:00 . Sidang Ketiga Dugaan Pelanggaran Administrasi PPS Tuban, Pelapor Bawa Seorang Saksi   |   14:00 . Gunung Api Karangetang Sulawesi Utara Berstatus Siaga   |   13:00 . Presiden Jokowi Ingatkan Tantangan Pers Hadapi Banjir Media Sosial   |   12:00 . Tempati Lahan KAI, 97 Bangunan di Surabaya Dibongkar   |   10:00 . Kumpulan Resep Membuat Telur Pindang, Sekali Buat Bisa Untuk Beberapa Hari   |   09:00 . Emas Antam Kembali Naik Rp.5000 Hari ini 9 Februari 2023, Full Stock!   |   08:00 . Tata Cara dan Kapan Bersiwak Seperti yang Dilakukan Rasulullah SAW   |   07:00 . Lirik Lagu Stasiun Balapan - Cover Denny Caknan, Kuto Solo Sing Dadi Kenangan   |   21:00 . Kepepet Kebutuhan Sehari-hari, Purnawirawan Polisi di Tuban Nekat Mencuri Motor   |   20:00 . Bawaslu Tuban Bacakan Hasil Sidang Kedua Dugaan Pelanggaran Rekrutmen Anggota PPS Montong   |   19:00 . Keren, Anak Muda di Tuban Buat Suplemen Penambah Nafsu Makan Hewan   |   18:00 . Eks Karyawan Hotel Purnama Tak Terima Pesangon, Disnakerin Tuban Sarankan ke Jalur Hukum   |   17:00 . Mahasiswa KKN Unang Tuban Dampingi UMKM Panyuran Terbitkan NIB   |   16:00 . Pasokan Berkurang, Harga Cabai Rawit di Tuban Tembus Rp70 Ribu Per Kilogram   |   15:00 . Dihuni 250 Penduduk, Ini Kondisi Dusun Terluar di Tuban   |  
Thu, 09 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Budidaya Lebah Klanceng, Pemuda di Tuban Pasok Madu Apotek di Berbagai Kota

bloktuban.com | Sunday, 09 October 2022 12:00

Budidaya Lebah Klanceng, Pemuda di Tuban Pasok Madu Apotek di Berbagai Kota Ferry sedang memantau kotak madu klancengnya. (Foto: Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com - Puluhan kotak yang terbuat dari kayu, menjadi pemandangan sehari-hari di pekarangan rumah, pemuda asal Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. 

Sekilas, kayu-kayu yang berjejer ini seperti tidak ada manfaatnya. Namun ternyata, di dalam kotak tersebut terdapat ratusan lebah yang dapat menguntungkan bagi pemiliknya. 

Ia adalah Ferry Firdaus. Pemuda berusia 23 tahun, yang sudah hampir dua tahun ini membudidayakan lebah klanceng. Belakangan ini, bisnis lebah tersebut memang banyak dilirik oleh masyarakat. Pasalnya, untuk memulia bisnis ini tidak memerlukan modal banyak, namun menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. 

Bermula dari coba-coba ikut tetangganya, Ferry sapaan akrabnya, mencoba peruntungan sendiri dengan memulai usaha tersebut. Tak hanya keuntungan yang banyak saja, ternyata budidaya lebah klanceng ini juga tergolong sangat mudah. Sebab, pemilik tidak perlu repot-repot untuk memberinya makan, karena lebah akan mencari makan sendiri. 

"Awalnya coba-coba ikut tetangga, terus beli 70 kotak, harganya Rp200 ribu per kotak, kok ternyata ada yang pesan dan kemudian saya kembangkan jadi seperti ini," ujarnya kepada blokTuban.com, Minggu (9/10/2022) saat ditemui di rumah budidayanya.

Baca juga :

Alamat IBL Boncong Tuban, Lokasi Pembenihan Kuda Laut

Kreatif! Ubah Sawah Jadi Tambak, Petani di Tuban Panen Ikan dan Udang

- Buah Melon Terserang Hama Lalat Buah, Begini Cara Petani Mengatasinya

Dari puluhan kota lebah itu, kini pria ramah ini mampu mengembangkannya menjadi 280 lebih kotak lebah klanceng. Biasanya, untuk satu kotak, lebah-lebah tersebut bisa menghasilkan minimal 150 ml madu, dengan harga jual sekitar Rp100 ribu. 

Saat ini, produk madu klanceng milik Feri, tak hanya dipasarkan di Kabupaten Tuban saja. Akan tetapi, ia juga memasok madu di beberapa apotek yang berada di luar Kabupaten, seperti Malang, Surabaya, Lamongan, Bojonegoro dan beberapa kota/kabupaten lainnya. 

"Sekarang sudah ada 280 kotak, tapi itu belum yang di bambu. Saya budidaya ini sudah ada 2 tahunan dari sekarang, dibantu sama bapak. Tapi kalau lebah ini nggak bisa dikasih makan, biasanya cari makan sendiri, untuk masa produktifnya biasanya 3 sampai 4 bulan, " ungkapnya. 

Tak hanya membudidayakan lebah klanceng saja, pemuda lulusan di salah satu SMK Tuban ini juga menyediakan kotak bibit ternak, bagi masyarakat yang ingin mencoba atau memulai membudidayakan jenis lebah satu ini. 

Lebih lanjut, saat ditanya terkait omzet yang didapatkan selama satu bulan, Ferry mengaku jika pendapatannya tidak pasti. Namun, ia menyebut jika peluang dari usaha yang digelutinya saat ini masih memiliki peluang yang menjanjikan. Pasalnya, usaha ini masih belum banyak yang menggelutinya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Budidaya Lebah, Lebah Klanceng, Pemuda Tuban, Apotek Jatim, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat