Alamat IBL Boncong Tuban, Lokasi Pembenihan Kuda Laut

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tingginya permintaan akan kebutuhan kuda laut mengakibatkan eksploitasi besar-besaran untuk menangkap kuda laut di alam. Dalam upaya melestarian kuda laut, perlu adanya kegiatan budidaya kuda laut. 

Salah satu balai yang membudidayakan kuda laut adalah Instalasi Budidaya Laut (IBL) Boncong Kabupaten Tuban. IBL sendiri berlokasi di Jalan Raya Tuban-Semarang Km 41, Kecamatan Bancar, Tuban. 

Melansir situs http://aunilo.uum.edu.my/, para mahasiswa sering praktik di IBL Boncong dengan tujuan belajar tehnik pembenihan kuda laut (Hippocampus sp.). Kegiatan pembenihan kuda laut di IBL Boncong terdapat 20 aquarium dan 3 bak untuk pemeliharaan induk. 

Kegiatannya meliputi persiapan wadah, pengadaan induk, seleksi induk, pemeliharaan induk, pemijahan, persiapan wadah larva, penetasan larva, perkembangan larva, pemeliharaan larva, manajemen pakan larva, pengelolaan kualitas air, serta pengendalian hama dan penyakit. 

Hambatan dalam teknik pembenihan kuda laut di IBL Boncong adalah terbatasnya jumlah induk dan ketersediaan pakan alami sebagai pakan induk. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS