23:00 . Inilah Alasan Dalang Kuat Duduk Berjam-Jam Tanpa Buang Air   |   22:00 . Thak-Thakan dan Ongkek Resmi Jadi Kekayaan Kesenian Budaya Milik Tuban   |   21:00 . Kecanggihan Teknologi, Disdukcapil Tuban: Semua Identitas Kependudukan Cukup Diakses dengan Smartphone   |   20:00 . Mendalang Sejak Kecil, Pria di Tuban Tekuni Juga Tekuni Seni Pembuatan Wayang Kulit   |   19:00 . Angka Stunting Tuban 21,5 Persen, Dinkes Minta Persalinan Ditangani Nakes   |   18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |  
Sat, 28 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kreatif! Ubah Sawah Jadi Tambak, Petani di Tuban Panen Ikan dan Udang

bloktuban.com | Sunday, 05 June 2022 14:00

Kreatif! Ubah Sawah Jadi Tambak, Petani di Tuban Panen Ikan dan Udang Petani di Tuban memanen ikan dan udang di areal sawah yang diubah jadi tambak (Foto: Nur/blokTuban.com)

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Petani di Desa Compreng, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban dapat dikatan sebagai petani yang kreatif. 

Sejumlah lahan persawahan mereka ubah menjadi tambak dalam kurun waktu tertentu untuk dijadikan tempat budidaya ikan dan udang.

Saat ini merupakan musim panen ikan dan udang karena telah terhitung 4 bulan petani setempat menyebarkan bibit-bibit ikan.

penjelasan salah seorang petani setempat, Samsuri (40),umur ikan di sini berkisar 3 sampai 4 bulanan. Biasanya yang ditanam merupakan ikan bandeng, sombro dan juga udang.

Untuk udang sendiri bisa diambil saat bibit udang sudah berumur 70 hari dari hari pertama penanaman bibit. Cara memanen udang saat umur 70 hari yaitu dengan ditangkap menggunakan jala.

“Menanam ikan dan udang itu misteri karena kita tidak bisa melihat kehidupan ikan didalam air, kalau padi misal ada penyakit kita bisa cegah atau kita antisipasi biar tidak menyebar, kalau ikan kita tidak bisa melihatnya” ucap Samsuri kepada blokTuban.com, Minggu (05/06/2022).

Kendati demikian Salah satu cara agar ikan tetap sehat dan bisa tumbuh besar yaitu dengan merawat air yang ada di tambak salah satunya dengan pemberian pupuk.

Untuk hasil panen petani asal Desa Compreng ini menjual ikan-ikan mereka ke pasar ikan di Kabupaten Lamongan. 

"Biasanya istri saya yang menjual ke pasar ikan Lamongan bersama istri-istri petani lainnya," tambahnya.

Menurut informasi petani, harga ikan dan udang tidak pasti tiap harinya. Jika beruntung akan mendapat harga mahal atau sebaliknya. 

Ikan bandeng yang dipanen bisa jadi satu ekornya memiliki bobot satu ons. Maka satu kilo jika harga jual bisa mencapai harga Rp17 ribu, sedangkan udang satu kilo berisi 66 ekor memiliki harga Rp60 ribu. 

"Harga ikan relatif tidak bisa dipastikan tergantung kondisi pasar ikan Lamongan," tandasnya.

Saat ini mereka mulai bersiap menghadapi waktunya menanam padi hal ini menjadikan tambak mereka harus dikuras agar bisa digunakan untuk menanam padi.[Nur/Dwi]

Tag : petani , tambak, iikan, Kabuaten Tuban, Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat