18:00 . Sosiawan Leak Tour ke Tuban, Antusias Berpuisi Tinggi   |   17:00 . Sinopsis Film Argantara yang Dibintangi Aliando dan Natasha Wilona   |   16:00 . Nasabahnya Jadi Korban Link Mirroring , BRI Tuban: Itu Keteledoran, Tak Ada Ganti Rugi   |   15:00 . Film Berjudul Sandal, Antarkan Guru Tuban Juara di GCC Batch 3   |   14:00 . Cabai dan Tomat di Tuban Turun Rp3.000, Telur Ayam Naik Rp1.833 per Kilogram   |   13:00 . Prediksi Cuaca Tuban 28 November: Hujan Merata di Siang Hari   |   12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekening Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ular Tidak Takut Garam? Ternyata Benda Ini yang Bikin Ulat Ketakutan

bloktuban.com | Friday, 30 September 2022 17:00

Ular Tidak Takut Garam? Ternyata Benda Ini yang Bikin Ulat Ketakutan Ular tidak takut dengan garam karena bukan masuk hewan berlendir. (dok.istimewa)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Datangnya musim penghujan, biasanya juga diikuti dengan kehadiran ular di pekarangan rumah. Pasalnya, pada masa ini telur ulat sudah mulai menetas, hingga menyebabkan peningkatan jumlah ekosistem pada alam.

Fenomena tersebut, tentu membuat masyarakat resah. Bukan hanya karena geli saja, namun gigitan ular juga bisa mematikan bagi tubuh manusia, terutama ular jenis cobra. Biasanya, untuk mengatasi hal ini, masyarakat sering mengandalkan garam dapur untuk mengusirnya.

Sebab, banyak masyarakat yang percaya jika hewan melata ini takut dengan garam, sehingga akan kabur jika dihadapkan dengan bumbu dapur yang memiliki cita rasa asin tersebut.

Namun pada kenyataannya, ternyata ular tidaklah takut dengan garam. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ketua Exalos Indonesia, Janu Wahyu Widodo, saat memberikan pelatihan diklat Snake Rescue di Kabupaten Tuban.

“Ular takut dengan garam itu tidak benar, jadi untuk menangkal ular menggunakan garam itu kurang efektif. Yang lebih efektif adalah dengan menggunakan bau-bauan,” ujarnya, Jumat (30/9/2022).

Baca juga :

Mengenal Exalos Indonesia, Komunitas Spesialis Tangani Ular yang Masuk Pemukiman

Puluhan Relawan dari Berbagai Kota Pelajari Karakter dan Penanganan Ular di Tuban

Mitos Ular Gaib di Gua Kancing Tuban yang Belum Banyak Diketahui

Sebab menurutnya, pada dasarnya ular bukanlah jenis binatang yang berlendir. Sehingga garam dapur tidak semerta-merta dapat mengusirnya begitu saja. Karena walaupun ular ditaburi garam, namun ia akan tetap bisa berjalan.

Oleh karena itu, pria yang akrab disapa Janu ini mengatakan, agar ular tidak masuk ke dalam rumah, maka sebaiknya menggunakan benda atau cairan yang beraroma wangi. Pasalnya, ular merupakan hewan yang sangat sensitif terhahap bau wangi-wangian.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengatasinya dengan cara membersihkan rumah, dari barang-barang yang sudah tidak dipakai. Hal itu diyakini dapat meminimalisir keberadaan ular, karena rumah yang dipenuhi banyak barang bekas rawan menjadi sarang tikus, yang merupakan mangsa utama ular.

Selain itu, pria 37 tahun ini juga menambahkan, hal lain yang dapat mengusir keberadaan ular adalah kapur barus. Sebab, aroma dari benda satu ini sangat menyengat, sehingga dapat membuat ular langsung pergi sangat mencium aromanya.

“Taruh kapur barus di sudut-sudut  rumah, karena ular anti dengan bau yang menyengat. Yang jelas jangan sebar garam, karena ular tidak takut dengan garam. Karena ular  itu adalah hewan yang bersisik, bukan berlendir,” jelasnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS  

Tag : Ular, Takur Garam, Kapur Barus, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat