8 Tempat Kue Serabi Tuban yang Wajib Dikunjungi, Disajikan dengan Kuah Santan hingga Lodeh

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kue serabi terbilang banyak di jual di Indonesia khususnya Kabupaten Tuban. Hampir disetiap sudut kota dan desa, terdapat penjual kue serabi dengan aneka varian, Jumat (30/9/2022). 

Meskipun kue serabi tergolong tradisional, beberapa retoran dan cafe kenyataannya tetap menyajikan menu tersebut. Hampir semua lidah semua orang, setuju dengan rasa enak kue serabi. 

Kue serabi dijual dengan harga yang terjangkau kisaran Rp1.000-4.000 per tangkupnya. Umumnya pecinta serabi menyantap kue tradisonal itu di waktu sarapan atau makan malam. Di Kabupaten Tuban, kue serabi selain disajikan dengan kuah santan juga kuah lodeh dan aneka toping. 

Dengan beragam jenis tersebut, kue serabi tetap menjadi pilihan cemilan atau makanan bagi banyak orang. Tim blokTuban.com telah merangkum 8 lokasi kue serabi yang wajib dikunjungi di Tuban:

1. Serabi lodeh Mawot

Serabi lodeh ini dijual oleh Pak Mo di Dusun Mawot, Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban. Ia buka tengah malam hingga pagi hari pukul 2300-06.00 Wib. Dengan membandrol serabinya Rp1.000 per satu tangkup, Pak Mo setiap malam sudah ditunggu pelanggannya. 

Bagi pelanggan yang sudah mengantre, harus cepat-cepat mengambil serabinya saat matang. Sebab, jika lambat sedikit akan keduluan pelanggan lainnya. 

Baca juga :

- Sayur Asem Klentang, Kudapan Makan Siang di Tuban yang Menyegarkan

Segini Harga Ojek dan Parkir Menuju Puncak Bukit Lei Tuban

Pengunjung Main Sepuasanya dengan Ikan Mas di Wisata Pelang Tuban

2. Serabi Stasiun Tuban

Kue serabi berikutnya dapat dijumpai di bekas stasiun Tuban di Kecamatan Tuban. Buka sejak pukul 06.00 Wib, serabi ini laris diserbu pelanggannya. Harga serabi di sini, satu tangkupnya Rp4.000 dan dicampur kuah santan. 

Dengan harga tersebut, pelanggan dijamin langsung kenyang karena ukuran satu tangkupnya cukup besar. 

3. Serabi Mbak Tik

Selanjutnya ada Serabi Mbak Tik. Penjualnya bernama Fadhillah membuat jajanan yang berbahan utama tepung beras tersebut dengan berbagai rasa toping. Seperti serabi kelapa, serabi santan, serabi gula merah, serabi keju, dan juga serabi meises.

Harga dari serabi-serabi tersebut juga sangatlah murah, hanya kisaran Rp. 1.500 hingga Rp. 5.000 tergantung rasa toping yang diminta oleh pelanggannya. Kalau serabi kelapa harganya Rp. 1.500, kalau yang pake toping bermacam-macam itu harganya Rp. 5.000 isi tiga,” ujar Fadhilah. 

4. Serabi Kebonsari

Kue serabi berikutnya dapat ditemukan di Gg. Ikhlas No.69-73, Kebonsari, Kecamatan Tuban. Serabi ini dapat disantap di tempat langsung atau dibungkus untuk dibawa pulang. 

5. Serabi Ayu Solo

Serabi ayu Solo dapat dikunjungi di l. Pramuka No.21, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Tuban. Bagi yang ingin memesannya dapat melalui nomor 08133053600.

6. Serabi Gantol Djoyo

Lokasinya di Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan Tuban. Salah satu pelanggannya Christian mengaku pelayanannya ramah, serabi gantolnya enak dan singkong keju gurih mantap. Bagi yang ingin memesan dapat di nomor 085793568203.

7. Serabi Solo Cak Moendez

Letaknya di Jl. Raya Merakurak Tuban selatan Pertigaan pangklangan MerakUrak, Pangklangan, Mandirejo, Tuban. Bagi yang ingin memesan dapat menghubungi nomor  0812-1640-8797.

8. Warung Serabi 

Lokasi warug serabi berada di Jl. Mondokan Raya, Kelurahan Mondokan, Kecamatan Tuban. Warung ini buka sejak pukul 05.30 Wib. 

Itulah delapan lokasi kue serabi di Kabupaten Tuban yang harus dikunjungi. Kue satu ini lebih nikmat disantap bersama keluarga atau orang kesayangan. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS