15:00 . Sidang Ketiga Dugaan Pelanggaran Administrasi PPS Tuban, Pelapor Bawa Seorang Saksi   |   14:00 . Gunung Api Karangetang Sulawesi Utara Berstatus Siaga   |   13:00 . Presiden Jokowi Ingatkan Tantangan Pers Hadapi Banjir Media Sosial   |   12:00 . Tempati Lahan KAI, 97 Bangunan di Surabaya Dibongkar   |   10:00 . Kumpulan Resep Membuat Telur Pindang, Sekali Buat Bisa Untuk Beberapa Hari   |   09:00 . Emas Antam Kembali Naik Rp.5000 Hari ini 9 Februari 2023, Full Stock!   |   08:00 . Tata Cara dan Kapan Bersiwak Seperti yang Dilakukan Rasulullah SAW   |   07:00 . Lirik Lagu Stasiun Balapan - Cover Denny Caknan, Kuto Solo Sing Dadi Kenangan   |   21:00 . Kepepet Kebutuhan Sehari-hari, Purnawirawan Polisi di Tuban Nekat Mencuri Motor   |   20:00 . Bawaslu Tuban Bacakan Hasil Sidang Kedua Dugaan Pelanggaran Rekrutmen Anggota PPS Montong   |   19:00 . Keren, Anak Muda di Tuban Buat Suplemen Penambah Nafsu Makan Hewan   |   18:00 . Eks Karyawan Hotel Purnama Tak Terima Pesangon, Disnakerin Tuban Sarankan ke Jalur Hukum   |   17:00 . Mahasiswa KKN Unang Tuban Dampingi UMKM Panyuran Terbitkan NIB   |   16:00 . Pasokan Berkurang, Harga Cabai Rawit di Tuban Tembus Rp70 Ribu Per Kilogram   |   15:00 . Dihuni 250 Penduduk, Ini Kondisi Dusun Terluar di Tuban   |  
Thu, 09 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sayur Asem Klentang, Kudapan Makan Siang di Tuban yang Menyegarkan

bloktuban.com | Wednesday, 28 September 2022 13:00

Sayur Asem Klentang, Kudapan Makan Siang di Tuban yang Menyegarkan Sayur asem klentang merupakan favorit bagi warga di Tuban. (foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pada beberapa daerah, klentang seringkali digunakan sebagai campuran dalam sayuran, untuk menambah cita rasa yang unik dalam makanan. Klentang sendiri ialah buah yang dihasilkan oleh tanaman kelor. Sekilas buah ini memang mirip dengan asparagus. 

Ada banyak jenis makanan yang bisa dicampur dengan klentang. Salah satunya ialah sayur asem. Di Kabupaten Tuban sendiri, banyak masyarakat yang mencampur buah berwarna hijau ini, dengan sayur asem. 

Biasanya sebelum dimasak, klentang terlebih dahulu dipotong-potong menjadi beberapa bagian agar memudahkan orang saat memakannya. Untuk dapat menikmati kesegaran sayur asam klentang, maka diperlukan beberapa tahapan. 

“Pertama siapkan bahannya, biasanya saya pakai bawang merah, bawang putih, air, blimbing wuluh buat rasa asamnya tapi bisa juga pakai asam mentah, labu, lengkuas, gula, garam dan royco (penyedap rasa). Habis itu cuci klentang dan bahan yang sudah dipotong, terus masukkan klentang dan labu ke air yang sudah panas,” ujar Rumini salah ibu rumah tangga di Tuban, Rabu (28/9/2022). 

Baca juga :

- 10 Kuliner Khas Lamongan yang Populer dan Enaknya Kebangetan

Resep Takoyaki Jajanan Asal Jepang yang Ekonomis Untuk Ide Jualan Street Food

Bubur Sagu, Makanan Khas Wisata Pelang Tuban Tanpa Pengawet yang Wajib Dicoba

Setelah bahan utama dimasukkan, barulah bawang putih dan bawang merah yang sudah diiris dimasukkan. Lalu, disusul dengan lengkuas serta belimbing wuluh. Kemudian, masak bahan-bahan tersebut kurang lebih selama 20 hingga 25 menit. 

Jika dirasa tekstur dari klentang dan labu lebih empuk, lanjut, Ibu Rumah Tangga asal Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban itu, langkah selanjutnya ialah menambahkan sedikit air jika dirasa kuahnya mulai menyusut. 

“Terus kalau sudah matang, baru dikasih bumbu yang tadi seperti gula, garam, royco. Setelah itu aduk sampai rata,” sambungnya. 

Lebih lanjut, jika seluruh bumbu tersebut dirasa sudah merata maka diamkan terlebih dahulu beberapa menit, hingga sayur asam klentang mendidih. Jika rasa masakan dirasa sudah sesuai selera, barulah sayur asam klentang siap untuk dinikmati bersama keluarga, sebagai hidangan makan siang yang menyegarkan.

“Klentang sekarang agak susah carinya, tapi kebetulan saya tanam di depan rumah dan buahnya banyak. Jadi sewaktu-waktu kalau mau ya tinggal petik,” pungkasnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Sayur Asem Klentang, Menu makan siang di Tuban, Blok Tuban, Kuliner Tuban, Tuban hari Ini, Berita Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat