Sayur Asem Klentang, Kudapan Makan Siang di Tuban yang Menyegarkan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pada beberapa daerah, klentang seringkali digunakan sebagai campuran dalam sayuran, untuk menambah cita rasa yang unik dalam makanan. Klentang sendiri ialah buah yang dihasilkan oleh tanaman kelor. Sekilas buah ini memang mirip dengan asparagus. 

Ada banyak jenis makanan yang bisa dicampur dengan klentang. Salah satunya ialah sayur asem. Di Kabupaten Tuban sendiri, banyak masyarakat yang mencampur buah berwarna hijau ini, dengan sayur asem. 

Biasanya sebelum dimasak, klentang terlebih dahulu dipotong-potong menjadi beberapa bagian agar memudahkan orang saat memakannya. Untuk dapat menikmati kesegaran sayur asam klentang, maka diperlukan beberapa tahapan. 

“Pertama siapkan bahannya, biasanya saya pakai bawang merah, bawang putih, air, blimbing wuluh buat rasa asamnya tapi bisa juga pakai asam mentah, labu, lengkuas, gula, garam dan royco (penyedap rasa). Habis itu cuci klentang dan bahan yang sudah dipotong, terus masukkan klentang dan labu ke air yang sudah panas,” ujar Rumini salah ibu rumah tangga di Tuban, Rabu (28/9/2022). 

Baca juga :

- 10 Kuliner Khas Lamongan yang Populer dan Enaknya Kebangetan

Resep Takoyaki Jajanan Asal Jepang yang Ekonomis Untuk Ide Jualan Street Food

Bubur Sagu, Makanan Khas Wisata Pelang Tuban Tanpa Pengawet yang Wajib Dicoba

Setelah bahan utama dimasukkan, barulah bawang putih dan bawang merah yang sudah diiris dimasukkan. Lalu, disusul dengan lengkuas serta belimbing wuluh. Kemudian, masak bahan-bahan tersebut kurang lebih selama 20 hingga 25 menit. 

Jika dirasa tekstur dari klentang dan labu lebih empuk, lanjut, Ibu Rumah Tangga asal Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban itu, langkah selanjutnya ialah menambahkan sedikit air jika dirasa kuahnya mulai menyusut. 

“Terus kalau sudah matang, baru dikasih bumbu yang tadi seperti gula, garam, royco. Setelah itu aduk sampai rata,” sambungnya. 

Lebih lanjut, jika seluruh bumbu tersebut dirasa sudah merata maka diamkan terlebih dahulu beberapa menit, hingga sayur asam klentang mendidih. Jika rasa masakan dirasa sudah sesuai selera, barulah sayur asam klentang siap untuk dinikmati bersama keluarga, sebagai hidangan makan siang yang menyegarkan.

“Klentang sekarang agak susah carinya, tapi kebetulan saya tanam di depan rumah dan buahnya banyak. Jadi sewaktu-waktu kalau mau ya tinggal petik,” pungkasnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS