17:00 . Hibah Keagamaan Tuban 2022 Totalnya Rp4,75 Milyar, Insentif Ribuan Guru TPQ Telah Ditransfer   |   16:00 . KPU Jatim: Regulasi, Teknologi dan Kepemiluan Harus Dikuasai Seluruh Devisi KPU   |   15:00 . Makam Sakral di Desa Pakis Tuban Konon Mertua Ronggolawe   |   14:00 . Pemotor Tewas di Jalan Pantura Tuban Usai Menabrak Truk Parkir   |   13:00 . Persatu Tuban Diperkuat 13 Pemain Lokal, Pelatih Medy : Masih Kurang 12 Pemain Lagi   |   12:00 . Ini Rute Menuju Bukit Lei Tuban, Lokasi Liga Paralayang Jatim Seri 2   |   10:00 . Gubernur Khofifah dan Bupati Lindra Apresiasi Pasar Murah Ika Unair Tuban   |   09:00 . Harga Cabai dan Bawang Merah Tuban Anjlok, Sayur Mayur Merangkak Naik   |   08:00 . Sinopsis dan Deretan Artis di Film Horor Jailangkung Sandekala   |   07:00 . Ikuti Laga Persahabatan Trofeo Tuban, Cara TPPI FC Jaga Kebugaran Karyawan   |   06:00 . Prediksi Cuaca Tuban 26 September 2022: Sebagian Berawan   |   05:00 . Pengunjung Main Sepuasanya dengan Ikan Mas di Wisata Pelang Tuban   |   16:00 . Kondisi Akses Jalan di Desa Patihan Tuban Dikeluhkan Warga   |   15:00 . Kalpataru, Peninggalan Sunan Bonang Tuban Mengandung Pesan Kedamaian   |   14:00 . Enam Museum Indonesia Pamerkan Benda Bersejarah di Tuban   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ini Sebaran 21 Desa Cantik di Tuban

bloktuban.com | Tuesday, 20 September 2022 17:00

Ini Sebaran 21 Desa Cantik di Tuban Bupati Tuban berfoto bersama dengan Kepala BPS Tuban.

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky bersama Kepala Badan Pusat Statistika (BPS), Eko Mardiana mencanangkan 21 desa sadar statistika (cantik), Selasa (20/9/2022). Pencanangan Desa Cantik bersamaan dengan Rapat Koordinasi Daerah Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 di hotel Jalan Teuku Umar Tuban. 

Eko Mardiana mengungkapkan penyelenggaraan Rakorda kali ini bertujuan untuk menyamakan pemahamam perihal pelaksanaan Regsosek yang akan dijalankan mulai 15 Oktober-14 November 2022. 

Penyelenggaran Regsosek yang melibatkan 1.946 petugas bertujuan menyediakan sistem dan basis data mencakup sosial dan ekonomi yang terintegrasi dengan data kependudukan. Sebelumnya, seluruh petugas akan mendapat pembekalan dan pelatihan perihal pelaksanaan survei ke tiap rumah tangga di seluruh desa.

“Ini merupakan program nasional. Kami harap dukungan semua pihak agar berjalan lancar,” ujarnya.

Eko Mardiana mengatakan Desa Cantik merupakan program pembinaan statistik sektoral dari pemerintah pusat hingga ke pemerintah desa. Mengingat, desa menjadi unit terkecil penyelenggaraan pemerintahan. 

“Hadirnya BPS Tuban untuk membantu pemerintah desa untuk menata data di desa dengan lebih rapi dan mudah untuk diakses dan dikelola,” imbuhnya.

Baca juga :

- BPS Jatim : Setiap Pekan Rata-rata Penduduk Jatim Hisap 76,44 Batang Rokok

Sukseskan Pendataan Long From SP2020, BPS Tuban Terjunkan 261 Petugas

Ekonomi Tuban 2021 Naik 3,00 persen, Ini Penyebabnya

Perempuan ramah ini kemudian merinci 21 Desa Cantik, meliputi Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Desa Ngino, Semanding, Sugihwaras, Jenu, Socorejo, Jenu, Sumurgung, Tuban, Tuwiri Kulon, Merakurak, Karanglo, Kerek, Jetak, Montong, Merkawang, Tambakboyo.

Lalu, Desa Ngampelrejo, Kecamatan Bancar, Kebonharjo, Jatirogo, Bendonglateng, Kenduruan, Medalem, Senori, Tanjungrejo, Singgahan, Selogabus, Parengan, Sokosari, Soko, Kanorejo, Rengel, Pakis, Grabagan, Bandungrejo, Plumpang, dan Mrutuk, Widang. 

Bupati Lindra, mengungkapkan pendataan sosial ekonomi masyarakat menjadi bahan acuan Pemkab Tuban dalam penyusunan program pembangunan. Penyusunan program pembangunan dilaksanakan secara tematik. Kebijakan ini diambil agar program pembangunan lebih terarah, tepat sasaran, dan anggaran lebih efisien. Juga membawa manfaat yang lebih cepat dirasakan. 

“Keberhasilan pelaksanaan program pembangunan tematik berbasis pada data terpadu akan membawa multiplayer efek di sektor lainnya,” ungkapnya. 

Lindra meminta Camat, Kepala Desa dan Lurah agar memanfaatkan kegiatan Regsosek untuk mengetahui kondisi masyarakat, mencakup sosial, ekonomi, dan kesejahteraan. Tidak hanya itu, intes memonitoring proses pelaksanaan pendataan. Bila diperlukan, hendaknya warga desa diberi pemahaman tentang proses pendataan. Sehingga tidak muncul kesalahpahaman.

“Perlu ada pendamping dari perangkat desa bahkan pengurus RT dan RW setempat,” sambungnya.

Kegiatan pendataan Regsosek mendukung pelaksanaan program Tuban Satu Data yang tengah dikembangkan Pemkab Tuban. Lebih lanjut, selaras dengan program One Village One Product, ekonomi bergerak dari sektor rumah tangga.

Mantan anggota DPRD Jatim itu menyampaikan apresiasi atas pencanangan Desa Cantik. Setiap desa yang dicanangkan menjadi Desa Cantik menjadi percontohan di masing-masing kecamatan. Pelaksanaan Desa Cantik akan mengoptimalkan pengalokasian anggaran Dana Desa maupun APBDes. 

"Sehingga pemanfaatan dana akan jelas untuk program pembangunan dan bantuan sosial kepada masyarakat lebih tepat sasaran," tutup Ketua DPD Golkar Tuban itu. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS  

Tag : Bupati Tuban, Desa Cantik, BPS Tuban, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat