12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekenig Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |   15:00 . Peringati Hari Pohon se-Dunia, 22 Komunitas dan Ormas Gelar Reboisasi di Tuban-Bojonegoro   |   14:00 . Setujui APBD Tuban 2023, Fraksi PKB DPRD Ajukan 18 Syarat   |   13:00 . Hindari Jalan Longsor, Truk Molen di Tuban Terguling ke Sawah   |   12:00 . Naik Lagi, Telur Ayam di Tuban Kini Jadi Rp27.667/ Kilogram   |   11:00 . Intip Strategi Pemkab Gresik di 2023 Atasi Kemiskinan hingga Stunting   |   10:00 . Uter, Kreasi Berbahan Janur yang Dilestarikan Kelurahan Gedongombo Tuban   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sukseskan Pendataan Long From SP2020, BPS Tuban Terjunkan 261 Petugas

bloktuban.com | Wednesday, 18 May 2022 12:00

Sukseskan Pendataan Long From SP2020, BPS Tuban Terjunkan 261 Petugas Kepala BPS Kabupaten Tuban, Eko Mardiana. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pendataan Long From SP2020 atau sensus penduduk 2020 lanjutan yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) telah dimulai serentak di seluruh Indonesia beberapa hari yang lalu, Rabu (18/5/2022).

Untuk itu Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzi mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dan menyukseskan kegiatan Long From SP2020 yang digunakan sebagai perencanaan dan evaluasi pembangunan Kabupaten Tuban. 

“Saya Aditya Halindra Faridzki Bupati Tuban, mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tuban, mari sambut petugas sensus dan berikan data yang akurat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Bupati Tuban, melalui video singkat yang diunggah dalam Instagram resmi @Kabupatentuban.

Kepala BPS Kabupaten Tuban, Eko Mardiana mengungkapkan jika kegiatan ini sendiri bertujuan untuk mendapatkan parameter kependudukan. Sebab, menurutnya setiap sensus harus menghasilkan parameter  dari berbagai demografi. 

“Tetap dilakukan tujuannya untuk mendapatkan parameter kependudukan, karena setiap sensus harus menghasilkan parameter demografi terkait kematian, kelahiran, perpindahan, migrasi urbanisasi, kemudian data-data perumahan dan data-data kependudukan yang lain dengan detail lebih rinci,” Jelas Kepala BPS Tuban saat dimintai keterangan. 

Untuk dapat menyukseskan hal tersebut, lanjutnya maka pihaknya menerjunkan sekitar 261 petugas di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Setelah melakukan sejumlah pelatihan yang dilaksanakan selama empat hari penuh di tiga hotel sekaligus. 

Kagiatan LF SP2020 yang akan dilaksanakan hingga tanggal 30 Juni nanti dilakukan dengan dua tahap. Menurut Mardiana, jika di 15 hari pertama petugas akan melakukan updating data dan melakukan penyocokan menggunakan peta yang telah dimiliki.

“Kalau ada perubahan nanti kan akan diperbaiki lagi di lapangan, itu dicocokkan dulu dan diupdate di lapangan. Jangan sampai nanti batas-batas wilayah RT/RW nya itu menjadi tidak sesuai dengan gambar kita, kalau tidak sesuai nanti kita lihat mana yang benat sesuai dengan sata lapangan,” paparnya. 

Setelah itu, tahap yang kedua ialah petugas mulai mendata penduduk dari door to door. Adanya kegiatan lanjutan ini sendiri, Mardiana berharap agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan para petugas terkait tidak mengalami kendala serta responden bisa menyambut petugas dengan baik dengan memberikan jawaban yang akurat. 

“Responden dapat menerima petugas kami dengan baik dan semoga responden memberikan jawaban sesuai dengan keadaan yang ada di lapangan,” katanya. [Sav/Ali]

 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, BPS Tuban, data long form SP2020



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat