Telan Anggaran Rp1.9 Milyar, Toilet Bentuk Siwalan dan Blimbing Alun-Alun Tuban Mulai Diratakan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPR-PRKP) Tuban, mulai merevitalisasi kawasan Alun-alun Kota Tuban. 

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, pengerjaan proyek tersebut sudah berjalan kurang lebih selama dua minggu. Terpantau, perombakan itu mulai terlihat pada sisi bagian utara yang diratakan. 

Kepala DPUPR-PRKP Tuban, Agung supriyadi mengatakan jika pengerjaan proyek ini ditargetkan akan rampung pada bulan Desember 2022 mendatang. 

“Target revitalisasi, diperkirakan rampung pada pertengahan bulan Desember 2022,” ungkapnya saat dimintai keterangan, Jumat (16/9/2022). 

Baca juga :

- Diikuti 1.500 Peserta, Petik Laut Tuban DiProyeksi Jadi Event Tahunan

- Terancam Tergusur Proyek Tol Demak-Tuban, Begini Sejarah SMAN 1 Plumpang yang Berstatus Akreditasi A

20 Pemuda Ring 1 Kilang GRR Tuban Dikaryakan di Kilang Cilacap

Diketahui, proyek tersebut digarap oleh CV Bhaskara Djaya dengan nilai kontrak sebesar Rp 1.953.406.000.00, yang bersumber dari Dana Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022. 

Dengan adanya revitalisasi ini, Agung sapaan akrabnya berharap untuk kedepannya kawasan Alun-alun Kota Tuban, bisa menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang nyaman, dan dapat digunakan oleh semua kalangan muda. 

“Harapannya dapat difungsikan sebagai RTH yang nyaman, edukatif dan benar-benar bisa dijadikan tempat kongkow-kongkow yang representatif. Baik untuk kawula muda maupun yang zaman old,” paparnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Tata Ruang DPUPR-PRKP Tuban, Andi Setiawan mengungkapkan jika perombakan bangunan pada sisi utara Alun-alun tersebut, akan dibuat lebih fresh dengan design yang lebih modern dari sebelumnya. 

“Meliputi upgrade perkerasan, yang semula berupa paving menjadi granit dan penataan tamannya. Toilet yang berbentuk buah blimbing dan siwalan, serta gudang dibongkar sehingga pandangan ke arah alun-alun lebih lapang dan luas,” pungkasnya.  [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS