17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |   18:00 . Capaian Vaksin Booster di Tuban 34,42%   |   17:00 . Pemkab Tuban Libatkan Kejaksaan di Proyek Pembangunan, Diminta Deteksi Dini Masalah   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kemarau Basah, Warga Tuban yang Domisili di Tiga Kecamatan ini Terancam Kekeringan

bloktuban.com | Thursday, 15 September 2022 14:00

Kemarau Basah, Warga Tuban yang Domisili di Tiga Kecamatan ini Terancam Kekeringan Kantor BMKG Tuban berlokasi di Kecamatan Jenu.

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.comBadan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Tuban memprediksi, jika pada tahun ini wilayah di Kabupaten Tuban tidak mengalami kekeringan, akibat dampak dari musim kemarau.

Hal tersebut, lantaran pada tahun ini ialah kemarau basah. Istilah dari kemarau basah sendiri merupakan sebutan yang diberikan untik fenomena tingginya intensitas curah hujan, meski pada musim kemarau.

Kendati terbilang lebih aman, namun Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padma mengatakan bahwa masih ada beberapa wilayah di Kabuupaten Tuban, yang berpotensi mengalami kekeringan pada musim kemarau tahun ini.

“Untuk musim kemarau tahun ini di wilayah Tuban lebih aman. Artinya musim kemarau sifatnya basah (kemarau basah), walaupun puncak kemaraunya pada bulan Agustus, tetapi tidak terjadi kekeringan yang ekstrim sekali,” ungkapnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Kamis (15/9/2022).

Baca juga :

Antisipasi Kemarau 2022, BPBD Tuban Siapkan 7.200 Meter Kubik Air

BMKG Tuban Prediksi Kemarau Basah Akan Berlangsung hingga November 2022

- Selama Januari-Agustus 2022, Damkar Tuban Baru Tangani Sekali Kebakaran Hutan

Berdasarkan prakiraan curah hujan untuk tiga bulan kedepan lanjutnya, yaitu bulan September, Oktober hingga November menunjukkan jika pada bulan September, masih ada beberapa daerah yang perlu diwaspadai rawan kekeringan. 

Diantaranya yaitu wilayah di Kecamatan Kerek, Rengel dan juga Kecamatan Senori. Pasalnya, curah hujannya masih kurang dari 150 milimeter, dalam sebulan.

“Bulan September 2022 diprakirakan mayoritas Wilayah Tuban, akan mendapatkan curah hujan sebesar 51-100 milimeter. Kecuali sebagian besar Kecamatan Kerek, Kecamatan Rengel dan juga Kecamatan Senori,” jelasnya.

Oleh karena itu, Zem sapaan akrabnya mengimbau untuk masyarakat yang bertempat tinggal pada tiga wilayah tersebut, untuk tetap waspada dan perlu memperhatikan beberapa hal. Terutama kebutuhan air bersih untuk konsumsi dan lahan pertanian. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Kemarau Basah, Tiga Kecamatan Tuban, Potensi Kekeringan, BMKG Tuban, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat