HARHUBNAS 2022, Kantor UPP Kelas III Brondong Gelar Kampanye Keselamatan Pelayaran di Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Perayaan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2022 di Kabupaten Tuban berlangsung meriah. Sebab, Kantor UPP Kelas III Brondong menggelar kampanye keselamatan pelayaran kepada nelayan di Kabupaten Tuban. 

Kegiatan yang berlangsung di depan Kantor Wilker Tanjung Awar-awar Desa Beji, Kecamatan Jenu dihadiri puluhan nelayan yang tamu undangan. Seperti Kapolsek Jenu, Danramil Jenu, Camat Jenu, TPPI, Pertamina Patra Niaga, PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar0awar, SIG, SBI, tokoh ulama, Kepala Wilker Tuban, Polairud, Kades Beji, Kades Kaliuntu, Kades Jenu, dan keagenan Kelas III Brondong.

Kampanye keselamatan pelayaran disampaikan langsung oleh Koordinator Wilker Tanjung Awar-awar Tuban, Boby Mulya Kusuma mewakili Capt. Faizal, Kepala Kantor UPP yang berhalangan hadir. 

Kepada para nelayan Tuban, Boby berpesan untuk selalu memakai life jacket saat melaut. Dengan begitu, resiko tenggelam dan laka laut dapat diantisipasi. Berikutnya, hal yang harus nelayan ingat saat terjadi senggolan dengan kapal yaitu nama kapal, waktu, dan wilayah perairannya. 

"Jangan diingat warna kapalnya, karena 80 persen kapal yang mengangkut batu bara atau minyak warnanya orange," pesan Boby dalam sambutannya, Kamis (15/9/2022). 

Baca juga :

Kantor UPP Kelas III Brondong Gelar Program Padat Karya Bersama 100 Warga

Perkumpulan Dharma Wanita Kantor UPP Brondong Berbagi Sarapan di Tuban

UPP Brondong Bagikan Paket Sembako dan Masker ke Nelayan Jenu

Pria asal Banyuwangi itu melanjutkan, di Harhubnas 2022 Kantor UPP Brondong membagikan 100 life jacket kepada nelayan. Selain itu, juga paket Sembako sebagai upaya meringankan beban nelayan setelah kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) pada 3 September 2022 lalu. 

"Kami bersyukur di kesempatan yang bahagia ini, tetap bisa menyantuni para anak yatim di Desa Beji, Jenu," imbuhnya. 

Mewakili Kantor UPP Brondong, ia mengucapkan terimakasih kepada beberapa perusahaan seperti TPPI, PJB PLTU, dan Terminal BBM Tuban karena sering membantu dalam evakuasi laka laut. Meskipun kawasannya objek vital, tetapi atas dasar rasa kemanusiaan keutamaan nelayan menjadi prioritas bersama. 

Setelah pemberian life jacket ini, ia berharap tahun ini dan kedepannya tidak ada laka laut lagi di Tuban. Sekaligus berharap hasil tangkapan nelayan Tuban terus melimpah. 

"Kantor Wilker Tanjung Awar-awar buka 24 jam, siap melayani nelayan Tuban. Semoga kehadiran kami membawa manfaat dan kemaslahatan bagi semua pihak," tambahnya. 

Dalam kesempatan itu, Camat Jenu, Yoeliani Endang Poerwati mengucapkan terimakasih kepada Wilker Tanjung Awar-awar dan semua perusahaan dan pihak yang terlibat menjaga keamanan laut Tuban. Harapan dari Forkopimca Jenu, keselamatan nelayan Tuban khususnya di wilayah Kecamatan Jenu terus menjadi perhatian bersama. 

"Selamat Harhubnas, semoga para nelayan dapat selamat setelah diberi kampanye keselamatan pelayaran dari Kantor UPP Kelas III Brondong," sambungnya. 

Disela peringatan Harhubnas tahun 2022, juga diisi dengan pembacaan sholawat, kalimat toyibah, dan doa-doa agar semua pihak selamat saat beraktifitas baik di darat maupun di laut. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS