Perpaduan Kebun Sagu dan Ribuan Ikan Emas di Wisata Pelang Tuban Bikin Pengunjung Tak Mau Pulang

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Destinasi wisata menjadi salah satu tempat yang digunakan sebagian besar masyarakat untuk berlibur di akhir pekan. Tak heran, jika saat ini semakin banyak tempat pariwisata baru yang bermunculan. 

Di Kabupaten Tuban sendiri, sudah banyak pariwisata epic yang dapat dikunjungi, salah satunya ialah Wisata Pelang, yang berada di Dusun Pelang, Desa Tehulu, Kecamatan Merakurak. Wisata asri satu ini sangat cocok digunakan sebagai tempat berakhir pekan bersama keluarga.

Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tahulu, Hasan mengungkapkan jika Wisata Pelang ini merupakan hasil dari kerja keras masyarakat setempat yang sadar akan potensi wisata di desanya tersebut. 

“Berdirinya secara resmi dan dikukuhkan di Pokdarwis itu tanggal 17 Agustus 2018, waktu itu pertama kali dengan pendanaan swadaya dari masyarakat, mulai dari kayu, bambu, atap yang kalau disini namanya welit, akhirnya saling sumbangsih dari warga, tetangga dan anak-anak muda yang dikumpulkan jadi gazebo di tengah kali,” jelasnya kepada blokTuban.com saat ditemui di area wisata, Sabtu (20/8/2022). 

Baca juga :

Pemandangan Alam di Sendang Gede Tuban Bikin Suasana Hati Jadi Adem

Grand Final Duta Wisata Tuban 2022, Ini Nama Pemenang Cung Nduk

Taman Kapur, Wisata Gratis di Tuban dengan 80 Ekor Rusa

Dari berbagai swadaya dari masyarakat itulah, akhirnya tempat wisata yang tak jauh dari pemukiman warga ini mampu menarik minat banyak masyakarat. Bahkan tak hanya masyarakat di Kabupaten Tuban saja, namun pengunjung yang tercatat juga berasal dari daerah luar kabupaten bahkan luar provinsi. 

Wisata ini sendiri menyuguhkan perpaduan antara kebun sagu dengan sungai pelang yang sangat jernih dengan ribuan ikan emas di dalamnya, sehingga pengunjung bisa dengan mudah menikmati sensasi memberi makan ribuan ikan disumber mata air secara langsung.

Selain itu, Destinasi Wisata ini juga menawarkan beberapa wahana lainnya, mulai dari kolam renang yang asri hingga berbagai spot foto menarik yang ada di dalam kebun sagu setempat.   

“Untuk saat ini pengunjung sudah lintas Provinsi sampai ke Jawa Tengah, yang paling sering itu dari Rembang, Lasem.  Yang kita tawarkan ada tiga wahana, yang pertama kita tawarkan kolam ikannya, kedua kolam renang yang terkesan alami dan asri, yang ketiga spot foto di kebun sagu,” paparnya. 

Tak hanya menawarkan puluhan spot foto saja, dalam Kebun sagu tersebut pengelola juga memberikan wisata edukasi bagi para anak-anak yaitu pelajaran bagaimana cara membuat tepung sagu, dengan bekerjasama dengan tim outbound. 

Pria ramah itu juga menambahkan, jika adanya wisata alam ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, sehingga diharapkan untuk dapat membangkitkan ekonomi masyarakat setempat. 

“Yang jelas misi kita adalah untuk memberdayakan masyarakat, karena disini bassic nya adalah masyarakat,” imbuhnya. 

Adapun tiket masuk yang ditawarkan juga sangat ramah dengan kantong. Pasalnya, para pengunjung cukup membaya tiket sebesar Rp3 ribu untuk anak-anak dan Rp5 ribu untuk orang dewasa. Sedangkan untuk parkir kendaraan sepeda motor dikenakan biaya Rp2 ribu saja.  [Sav/Ali] 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS