Cara Aman Menjawab Saat Ditanya Waktu Menganggur, Salah Jawab Langsung Ditolak HRD

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Momen interview dan berhadapan dengan HRD, masih terasa mendebarkan bagi sebagian pelamar kerja. Beragam pertanyaan pun ditanyakan, hingga kerap kali membuat jawaban pencari kerja kurang tepat, Kamis (18/8/2022).

Salah satu pertanyaan yang menjebak dan patut diwaspadai oleh kandidat calon karyawan adalah saat ditanya kegiatan selama menganggur. Apabila jawaban ini yang dikatakan, sudah pasti auto ditolak oleh HRD. 

Melansir di IG Mudahcarikerja, pada umumnya ada tiga jawaban yang kurang tepat saat muncul pertanyaan kegiatan apa yang dilakukan selama tidak bekerja. Seperti, membantu orang tua, tidak melakukan apapun, hingga rebahan saja. 

Mendengar jawaban seperti ini, HRD langsung tahu seberapa kapasitas pelamar yang ada di depannya. Jawaban receh seperti ini memang tidak salah, akan tetapi itu justru membuat HRD tidak tertarik kepadamu. 

Baca juga :

3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja

2 Alasan HRD Tidak Kasih Tahu Kandidat yang Ditolak

- 3 Akibat Hilang Fokus dalam Kerja

Sebenarnya HRD berharap, pelamar memberikan jawaban dengan melakukan hal-hal produktif. Dengan begitu, HRD akan berpikir bahwa kamu tipikal seseorang yang tetap bisa produktif meskipun menganggur. 

Nah, seperti ini contoh jawaban yang aman atau tepat jika kamu ditanya HRD. Selama nganggur saya lebih sering mengikuti beberapa kegiatan yang mendukung passion keuangan. Beberapa kegiatan yang saya ikuti yaitu pelatihan pengembangan manajemen keuangan.

Apabila, kamu saat menganggur dan tidak melakukan hal apapun. Ini Jawaban yang tepat, Saya mengisi waktu kosong dengan membantu bisnis orang tua. Hal ini saya lakukan agar tetap menjaga produktivitas selama masa nganggur. 

Di samping itu juga, saya sudah mengikuti beberapa proses rekrutmen dan masih menunggu untuk proses selanjutnya. Gimana sobat blokTuban.com, sudah tahu kan cara aman jawab pertanyaan interview yang satu ini. Share ke teman kamu bila artikel ini dianggap penting. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS