550 Petani Tuban Rayakan HUT Kemerdekaan RI di Lahan Pasca Tambang Semen

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah 550 petani greenbelt di Kabupaten Tuban ikut merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di lahan pasca tambang Pt. Semen Indonesia Ghopo Tuban. Upacara yang penuh hidmat tersebut berlangsung di area tanah liat Desa Tlogowaru, Kecamatan Merakura, Tuban. 

Rangkaian perayaan HUT RI oleh petani itu, diawali dengan jalan sehat gembira berkeliling Ecopark Kambangsemi, upacara detik-detik proklamasi, dan lomba kerjasama kelompok antar Petani Greenbelt dan Klaster Pemberdayaan.

"Melalui momentum peringatan HUT RI Ke – 77 tahun 2022, CSR SIG Tuban memfasilitasi aspirasi petani greenbelt dan klaster pemberdayaan masyarakat binaannya dalam menyelenggarakan upacara peringatan detik-detik proklamasi dan kegiatan perlombaan antar kelompok tani dan klaster pemberdayaan,” terang, Tuban Community Development Officer, Siswanto dalam keterangan resminya, Rabu (17/8/2022). 

Baca juga :

Keren! Lokasi Pasca Tambang disulap Jadi Destinasi Instagramable

Pemkab Ingatkan Pengelola Wisata Pasca Tambang Urus Izin dan Utamakan Keselamatan

Setelah Mereklamasi 315,24 Ha Pasca Tambang, SIG: Kerusakan Lingkungan di Tuban Bisa Dikurangi

Menurut Siwanto, CSR SIG Tuban sangat mendukung penuh aspirasi ini, karena dinilai memiliki nilai positif dalam menguatkan kontribusi dan kolaborasi perusahaan dengan masyarakat sekitar. Terlebih lagi, sebagai perusahaan BUMN, aspirasi ini perlu didukung penuh guna penguatan nasionalisme dan sinergitas dengan masyarakat.

“Dalam pandangan yang lebih strategis, momentum ini difungsikan CSR SIG Tuban sebagai media untuk menguatkan kembali motivasi pemberdayaan, semangat kolaborasi antar kelompok dan sinergi antar pemangku kepentingan,” ujarnya.

Alasan pemilihan lokasi pasca tambang didasarkan pada tujuan untuk mengenalkan pada masyarakat sekitar perusahaan dan publik bahwa SIG berkomitmen mengoptimalkan lahan paska tambang tanah liat menjadi pusat edukasi dengan produk turunannya yaitu terbentuknya program-program pemberdayaan masyarakat.

"Saat ini, Ecopark Kambangsemi dapat menjadi ruang pemberdayaan masyarakat yang efektif seperti Perkebunan Pisang Cavendish, Ternak Ayam Petelur, Ternak Kambing, Ternak Ikan Lele, Bale Kriya, Perikanan Keramba Jaring Apung, dan Penyulingan Kayu Putih,” sambung Senior Manager Of Corporate Communication SIG GhoPO Tuban, Setiawan Prasetyo.

Setiawan juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus mendukung keberlangsungan perusahaan semen milik Negara ini. Sehingga, dapat berkontribusi positif kepada masyarakat. 

Diketahui, kegiatan bersama petani greenbelt kali ini dikemas dalam Apel Keberdayaan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 bertajuk “Petani Merdeka dan Berdaya Menopang Ketahanan Pangan Bersama SIG GhoPO Tuban”. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS