Ayahnya Meninggal, Anggota Paskibraka di Tuban Ini Tetap Ikuti Pengukuhan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah 74 siswa telah resmi menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Tuban Tahun 2022, Minggu (14/08) di Pendopo Kridho Manunggal Tuban. Mereka dikukuhkan oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky disaksikan oleh Wabup Tuban, Riyadi, Jajaran Forkopimda Tuban, Sekda Tuban, Budi Wiyana, Kepala OPD terkait dan keluarga masing-masing anggota Paskibraka.

Pada kesempatan itu, ada salah satu anggota Paskib yang sedang duka cita bernama Nasya Amorita Azza Hermawan dari SMKN Jatirogo. Pada hari yang sama, ayahnya meninggal dunia. Kendati demikian, dia tetap tegar mengikuti pengukuhan hingga selesai, Senin (15/8/2022).  

Secara simbolis Bupati menalikan tali kendit kepada 3 anggota Paskibraka, yaitu Lailiana Nuzulur Rohmah dari SMKN Rengel, Ade Reza Alkantara P dari SMAN 1 Tuban, dan Nasya Amorita Azza Hermawan dari SMKN Jatirogo yang ayahnya meninggal.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan anggota Paskibraka yang dikukuhkan merupakan putra putri terbaik yang mendapatkan kepercayaan dan kehormatan untuk mengawal Sang Saka Merah Putih berkibar dengan agungnya. 

Baca juga :

Persiapaan Upacara Kemerdekaan RI ke 77, 74 Calon Paskibraka Kabupaten Tuban Digembleng Fisik dan Mental

- Dua Siswa Tuban Lolos Paskibra Provinsi Jatim dan Jadi Cadangan Nasional

Calon Anggota Paskibraka Langsung Diuji Bupati

Anggota Paskibraka Kabupaten Tuban 2022 berasal dari 20 Kecamatan di Kabupaten Tuban. Meski berasal dari berbagai kecamatan, tidak menjadi penghalang untuk membangun solidaritas antaranggota Paskibraka.

“Saya memberikan apresiasi atas semangat dan rasa nasionalisme yang tinggi, karena ini adalah tugas membawa kehormatan sekaligus kebanggaan bagi anggota maupun keluarganya,” sambungnya.

Lindra berpesan agar anggota Paskibraka menjadi sosok teladan di lingkungan masing-masing. Anggota Paskibraka harus memiliki kepekaan sosial dan lingkungannya. Nilai-nilai positif yang diajarkan selama pelatihan hendaknya dapat selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Seluruh anggota Paskibraka dan seluruh masyarakat Kabupaten Tuban juga diajak Bupati untuk merefleksikan perjuangan para pahlawan bangsa. Serta merenungi setiap tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Menjadi manusia Indonesia yang berbudi pekerti luhur, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan penguatan hubungan sosial dan lingkungan alam sekitar.  

Sebagai perwakilan Paskibraka Kabupaten Tuban tahun 2022, Nasya Amorita Azza Hermawan mengaku bersyukur dan bangga bisa terpilih melaksanakan tugas mulia ini. 

“Ini menjadi kebanggaan bagi saya, orangtua, guru, dan teman saya,” ujarnya.

Selama mengikuti karantina sejak 4 Agustus, ia mengaku banyak menghabiskan waktunya untuk latihan dan berkumpul bersama anggota Paskibraka lainnya. Sehingga akan memperkuat keakraban dan solidaritas antar anggota Paskibraka. Tidak hanya itu, banyak ilmu baru tentang baris berbaris maupun wawasan kebangsaan yang didapatkannya selama dikarantina. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS