19:00 . Angka Stunting Tuban 21,5 Persen, Dinkes Minta Persalinan Ditangani Nakes   |   18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Heboh Tiru Citayam Fashion Week di Tuban, Tokoh NU Soroti Remaja Pria yang Bergaya Kemayu

bloktuban.com | Sunday, 07 August 2022 07:00

Heboh Tiru Citayam Fashion Week di Tuban, Tokoh NU Soroti Remaja Pria yang Bergaya Kemayu Tokoh Nu soroti gaya pria yang kemayu di Tuban Fashion Show. (dok/blokTuban)

Reporter    : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Tokoh Nahdhatul Ulama (NU) di Kabupaten Tuban turut angkat bicara terkait remaja pria yang berdandan atau bergaya kemayu seperti wanita di Tuban Fashion Week (TFW), yang pertama kali diadakan di kawasan Jalan Protokol Kabupaten Tuban, tepatnya di Jalan RA. Kartini pada beberapa hari yang lalu. 

Ketua Lembaga Bahsul Masail NU Tuban sekaligus Tokoh NU di Kecamatan Rengel, Astar Bahroni mengatakan jika seorang laki-laki tidak diperbolehkan untuk berpakaian atau bertingkah menyerupai perempuan dan begitu pula  sebaliknya. 

Terkait: Mengenal Indah Puspita Sari, Salah Satu Pelopor Tuban Fashion Week yang 7 Tahun di Dunia Model

"Batasan penyerupaan yang diharamkan pada kasus penyerupaan orang laki-laki pada perempuan dan sebaliknya adalah apa yang diterangkan oleh Ulama Fiqh dalam kitab Fath aljawaad, Tuhfah, Imdaad dan kitab syun alghooroh," ucapnya kepada blokTuban.com, Sabtu (6/8/2022). 

Ia juga menambahkan, hal ini juga diikuti oleh Imam  Romli dalam kitab Annihaayah, Batasannya adalah "bila salah satu dari lelaki atau wanita tersebut berhias memakai barang yang dikhususkan untuk lainnya atau pakaian yang jamak digunakan pada tempat tinggal lelaki dan wanita tersebut."

Terkait: Tokoh Muhammadiyah Tuban Larang Model Pria Berdandan Wanita atau Sebaliknya di Tuban Fashion Week

Maksud dari bertingkah laku seperti wanita itu sendiri adalah menyerupai wanita dalam gaya, berbicara, cara berjalan, pakaian, perhiasan yang umum dilakukan atau dipakai oleh wanita. Larangan ini, bertendensi pada hadist riwayat Ibnu Abbas RA. 

”Nabi Muhammad SAW melaknat orang laki-laki yang bertingkah laku seperti wanita dan para wanita yang bertingkah laku seperti pria” (HR. Bukhori)

Dalam riwayat lain :

”Nabi Muhammad SAW melaknat orang laki-laki yang menyerupai wanita dan para wanita yang menyerupai pria” (HR. Bukhori).

"Imam Ibnu Hajar berkata dalam kitab Fath Albaari “Larangan ini berlaku bagi orang yang sengaja bertingkah laku semacam itu, sedang bagi orang yang memang dari penciptaannya memang demikian maka tuntutan kewajibannya adalah merobah sedikit demi sedikit, bila orang tersebut tidak mau berusaha merubahnya dengan pelan-pelan apalagi terkesan dalam dirinya tumbuh rela dengan keberadaannya maka dirinya berdosa. [Mausuu’ah alFiqhiyyah alKuwaitiyyah XI/63 ]," jelasnya. 

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya keresahan di tengah masyarakat, maka Ustadz Bahroni menyarankan jika pihak panitia harus lebih selektif dalam menentukan batasan-batasan untuk bisa dijalankan sesuai kodrat dari masing-masing kaum.

Terkait: Anak Muda di Tuban Gelar Fashion Week di Lokasi Ini, Tiru Aksinya Bonge dan Jeje Slebew citayam

"Sudah maklum bahwa bagian dari akhlak tau budi pekerti adalah bagaimana cara kita berpakain dan bertingkah laku secara normal sesuai kodrat penciptaan Alloh SWT. Tentunya yang berlaku di masyarakat pada umumnya, Yang demikian adalah cerminan orang orang yang beriman," tambahnya. 

Senada,  Tokoh NU lainnya, Syariful Wafa juga mengatakan agar kegiatan tersebut menjadi lebih positif, maka diperlukan bimbingan yang baik pula dari para orangtua, selain itu Pemerintah juga harus segera mengeluarkan kebijakan yang baik terkait hal tersebut. 

"Nggeh, sae, sae, sae, (iya baik) di bimbing ingkang sae oleh para orang tua dlldi keluarkan kebijakan ingkang sae dari pemerintah dll," ungkapnya. [Sav/Dwi] 

 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Citayam Fashion Week, Tuban Fashion Week, Tokoh NU soroti Tuban Fashion Week, Jeje Slebew, Bonge



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat