Mengintip Kegiatan TPQ di Markas Kodim 0811 Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tak seperti pada umumnya, suasana di Markas Kodim 0811 Tuban di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo No.800 pada Selasa (26/7/2022) lebih ramai. Nampak anak-anak mengenakan kopyah dan baju koko semangat mengaji. 

Ternyata di lingkungan Kodim 0811 Tuban telah dibuka pendaftaran TPQ yang bekerjasama dengan Yayasan Yatim Mandir Kabupaten Tuban. TPQ tersebut ditempatkan di Masjid Al-Amin setempat. 

Ketua Tamir Masjid Al-amin, Kapten Arm Teguh Hari Bowo mengatakan bahwa TPQ di Markas Kodim telah dibuka sejak Senin (25/7) sore. Meski baru dibuka, namun antusias peserta yang belajar Alquran cukup tinggi. 

Artikel lainnya : Tarif Listrik Membengkak dan Mau Turun Daya? Ini Kata ULP PLN Tuban

"Respon anak-anak di lingkungan Makodim 0811 cukup baik. Warga sekitar juga mendukung adanya TPQ di masjid Kodim," ujar Kapten Teguh dalam keterangannya. 

Pasipers Kodim 0811 Tuban itu, menambahkan TPQ Al-amin Kodim 0811 Tuban menerapkan metode tilawati dari Ustadz Muhammad Romli Al Hafidz. Materinya mulai program unggulan mengaji al'quran, tahfizh, pembinaan dan pembiasaan akhlakul karimah.

Artikel lainnya : Mimpi Peserta Pelatihan BLK Tuban, dari Buka Konveksi hingga Salon Kecantikan

Selain itu juga ada program tambahan seperti menulis arab, hafalan surat-surat pendek, hafalan do'a-doa harian, pembinaan sholat dan dzikir, pengetahuan agama islam, serta kreativitas anak dan sebagainya.

“Tujuan utama didirikan TPQ ini adalah menciptakan generasi Qur'an Tuban sejak dini,” imbuhnya. 

Melalui kerjasama dengan ustadz ustadzah profesional dari Yayasan Yatim Mandiri, lanjutnya dapat memotivasi anak anak lingkungan Makodim untuk mengaji dan belajar Al Qur'an.

Artikel lainnya : Puluhan Pelanggan PLN di Tuban Ramai-ramai Ajukan Turun Daya, Ada Apa?

"Yang mengikuti mengaji harus mempunyai niat tulus ikhlas sehingga kelak dapat menjadikan generasi yang meyakini kebenaran isi Al-Qur'an, membaca, menghafal, serta memahami dengan baik dan benar makna yang terkandung di dalamnya, Amin YRA," tutupnya. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS