Raker Orbit: Disabilitas Tuban Banyak yang Belum Punya Pekerjaan

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com –  Organisasi Disabilitas Tuban (ORBIT) melakukan pertemuan rutin dan juga Rapat Kerja (Raker) pengurus baru, Minggu (24/07/2022) di Dusun Bancang Desa Tahulu, Kecamatan  Merakurak, Kabupaten Tuban. Raker tersebut baru terlaksana setelah mengalami pergantian pengurus pada bulan Maret lalu.

Orbit sendiri merupakan sebuah Organisasi yang menampung para disabilitas di Kabupaten Tuban dan berdiri sejak 2016. Dalam pertemuan kali ini terdapat 50-an anggota Orbit yang hadir Raker.

Menurut Ketua Orbit Tuban, Rustawar, bahwa pertemuan ini biasanya dilakukan secara rutin dua bulanan sekali. Diharapkan dengan seringnya pertemuan antar anggota, dapat merekatkan dan saling bertukar ide dan gagasan untuk tumbuh dan berkembang bersama. 

Terkait : Mengenal Fira Fitri Fitria, Founder Organisasi Disabilitas Tuban

Pertemuan rutin tersebut, juga sebagai ajang evaluasi terhadap progam kerja Orbit baik yang sudah terlaksana maupun yang baru direncanakan.

“Acara ini sebuah acara rutin setiap sebulan sekali dengan dihadiri oleh semua anggota Orbit. Dengan keterbatasan mobilitas, jadi ya gak bisa semuanya datang,” Ucap Rustawar kepada blokTuban.com, Minggu (24/07/2022).

Rustawar menambahkan, sebagai nahkoda baru dirnya berkomitmen membawa organisasi Orbit semain berkembang. Dengan tujuan dapat menjadi wadah bagi para distabilitas yang ada di Tuban, ia juga akan mencanangkan untuk mencari para disabilitas yang memerlukan wadah Organisasi. 

Terkait : Orbit Salurkan Bantuan Kursi Roda Kepada Siswa SD Penyandang Disabilitas

Untuk mencapai itu, Rustawar akan bekerja sama dengan pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Sosial untuk menemui para disabilitas-disabilitas yang belum memiliki wadah untuk berkembang. Keuntungan bergabung Orbit, para anggota baru berkesempatan belajar dengan teman-teman yang sudah memiliki keterampilan.

"Rapat kerja ini selain bertujuan  memajukan organisasi dengan progam kerjanya, juga agar para disabilitas di Tuban bisa lebih sejahtra dan berkembang," imbuhnya.

Harapan dari Rustawar agar para disabilitas juga mendapatkan perhatian dan suport dari Pemerintah Tuban karena masih banyak juga para disabilitas yang belum memiliki pekerjaan di Kabupaten Tuban. [Nur/Ali]

Terkait : Peduli Disabilitas, Tri Astuti Serahkan Bantuan Masker dan Sembako Ke Markas Orbit

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS