Program OSR BPJS Untuk Disabilitas Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bojonegoro, Kamis (05/10/2017), merealisasikan Program Organization Social Responsibility (OSR) di Kabupaten Tuban, tepatnya realisasi program tersebut di dilakukan di Kantor Sekretariat Organisasi Disabilitas Tuban (ORBIT) yang beralamatkan Jl. Latsari Gg. 01 No. 26 Lbk. Mondokan, Tuban sebagai lokasi serah terima bantuan.

Bantuan yang diberikan BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro kepada penyandang Disabilitas Kabupaten Tuban tersebut terdiri dari, 5 buah kursi roda, 5 kruk, 4 alat bantu dengar, 1 walker, 1 portese kaki palsu atas lutut, dan 35 buah alat bantu pijat yang diperuntukan khusus penyandang disabilitas tuna netra dari Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI).

Dalam acara tersebut juga dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tuban Ibu. Nurjanah, SH., MM.

Penyaluran OSR secara simbolis diserahkan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro yang diwakili oleh Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik Kantor Cabang Bojonegoro, Achmad Yatim.

Dalam penyaluranya, Achmad Yatim, mengatakan bantuan OSR tersebut diterima langsung oleh Ketua Organisasi Disabilitas Tuban (ORBIT) Fira Fitri Fitria, berupa alat bantu kesehatan dan alat bantu gerak seperti diatas.

“Selain untuk merealisasikan Program OSR, bantuan ini diberikan sebagai bentuk BPJS Kesehatan tanggap kesehatan, terutama dalam mendukung para penyandang disabilitas khususnya di Kabupaten Tuban untuk membantu keberlangsungan hidup dalam beraktivitas sehari-hari.” ujar Achmad Yatim.

Menurutnya, OSR sendiri juga dapat menguatkan branding sebagai organisasi sosial dengan kepedulian tinggi dan juga sebagai tanggung jawab sosial terhadap masyarakat sekitar utamanya bagi mereka yang membutuhkan.

Sementara itu, perwakilan dari Organisasi Disabilitas Tuban dan Persatuan Tuna Netra Indonesia, Fira Fitri Fitria menyambut positif kepedulian BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bojonegoro, terhadap kondisi para penyandang disabilitas di wilayah Kabupaten Tuban.

"Para penyandang disabilitas juga berharap dengan alat bantu gerak dan alat bantu kesehatan yang telah diberikan saat ini dapat berguna bagi keberlangsungan hidup serta untuk mata pencaharian sebagai tukang pijat para penyandang Tuna Netra di Kabupaten Tuban," pungkasnya.

Fira pun berterimakasih atas realisasi program OSR tersebut dan berharap agar BPJS Kesehatan semakin maju dan berkembang di masa mendatang.[hud/ito]