Warga Muhammadiyah Tuban Solat Idul Adha di GOR dan Lapangan Kebonsari, NU di Masjid Agung

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky berpesan kepada masyarakat Kabupaten Tuban untuk bersama memaknai Idul Adha 1443 H dengan mempererat kebersamaan dan gotong royong.

Perbedaan hari dalam merayakan Idul Adha di tahun ini tidak mengurangi makna kebersamaan dan gotong royong dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha, Jumat (8/7/2022). 

"Perbedaan hal yang biasa, tetapi kembali lagi, ada kebersamaan dan gotong royong dalam Idul Adha. Seperti dalam proses penyembelihan hewan kurban, semua saling bekerjasama dari mulai pemotongan hewan kurban hingga distribusi ke masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Terkait : 6 Amalan Utama Menyambut Perayaan Hari Raya idul Adha

Seperti diketahui, untuk warga Muhammadiyah akan menjalankan sholat Idul Adha Sabtu, 9 Juli 2022, sedangkan untuk pemerintah akan melaksanakan sholat Idul Adha di hari Minggu, 10 Juli 2022. 

Menanggapi hal tersebut, Bupati menyampaikan, Pemkab Tuban telah mengatur sedemikian rupa agar keduanya bisa berjalan tanpa hambatan.

Untuk warga  Muhammadiyah pelaksanaan sholat Idul Adha dipusatkan di GOR dan Lapangan Kebonsari. Sedangkan yang sesuai dengan pemerintah, dipusatkan di Masjid Agung Tuban. 

Terkait : 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan idul Adha, Buruan Piknik!

“Semua sudah diatur, dan masyarakat bisa melaksanakan ibadah sholat Idul Adha dengan nyaman,” bebernya.

Sebagaimana diketahui, Bupati secara simbolis menerima bantuan hewan kurban dari beberapa perusahaan yang akan dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Tuban. 

Terkait : Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang idul Adha di Tuban

Tahun ini total hewan kurban yang dibagikan oleh Pemkab Tuban berjumlah 25 sapi dan 11 kambing yang berasal dari OPD, perusahaan, dan masyarakat. Nantinya, hewan tersebut akan didistribusikan ke Kecamatan, Lapas Kelas IIb Tuban serta lembaga Keagamaan secara merata. 

Pendistribusian sudah dimulai hari Jumat dan akan diteruskan di hari Sabtu. "Untuk warga Muhammadiyah didistribusikan hari Jumat, dan yang lainnya didistribusikan hari Sabtu,” tukasnya. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS