6 Amalan Utama Menyambut Perayaan Hari Raya Idul Adha

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau bertepatan 10 Dzulhijjah. Namun dalam menyambut hari berkurban tersebut ketahui 6 amalan utama yang bisa kalian lakukan.

Terkait: Jadwal Puasa Arafah dan Tarwiyah 2022 Kapan? Apakah Berlaku Untuk Jemaah Haji

 

1. Puasa awal Dzulhijjah dimulai tanggal 1-7 Dzulhijjah

Amalan puasa yang dilakukan sejak memasuki bulan Dzulhijjah ini memiliki makna dan alasan sendiri. Ada peristiwa besar atau mulia yang pernah terjadi di masa lampau:

- 1 Dzulhijjah: Nabi Adam diampuni Allah SWT setelah memohon pengampunan karena melanggar larangan dengann memakan buah khuldi yang ada di dalam surga.

- 2 Dzulhijjah: Nabi Yunus diselamatkan Allah SWT setelah melalui beberapa hari berada di dalam perut ikan paus.

- 3 Dzulhijjah: Setelah skian puluh tahun, Allah mengabulkan doa Nabi Zakaria dengan karunia seorang putra bernama Yahya

- 4 Dzulhijjah: Merupakan milad atau hari lahir Nabi Isa AS

- 5 Dzulhijjah: Merupakan milad atau hari lahir Nabi Musa AS

- 6 Dzulhijjah: Hari bersejarah dengan ditandai kemenangan para Nabi yang mengajarkan ketauhidan

Hadits Riwayat Ali Al-Muhairi, At-Thibbi, Abu Sholeh, dan Ibnu Abbas mengenai amalan berpuasa di bulan Dzulhijjah berbunyi  "Barangsiapa berpuasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan, untuk puasa pada hari Tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari Arafah seperti puasa dua tahun,".

Terkait: Puasa Sunnah Arafah 9 Zulhijjah, Jangan Lupa Baca Lafal Niatnya

 

2. Memperbanyak takbir dan dzikir

Umat Islam sangat dianjurkan untuk mengumandangkan takbir di saat malam hari raya Idul Adha layaknya menyambut Idul Fitri. Takbiran ini bisa dilakukan saat terbenamnya matahari hingga pelaksanaan sholah Ied hari Raya Idul Adha.

 

3. Puasa sunnah Tarwiyah pada tanggal 8 Dzulhijjah

Amalan selanjutnya adalah puasa sunnnah tarwiyah. Tanggal 8 Dzulhijjah atau hari Tarwiyah, pada saat  itu Nabi Ibrahim AS bermimpi diperintahkan Allah untuk menyembelih sang putra yaitu Nabi Ismail AS.

Terkait: Melaksanakan Haji di Metavers? Apa Sih Hukumnya

Lantaran ketaatan Nabi Ibrahim AS kapada Allah, digantilah Nabi Ismail AS dengan seekor domba yang kemudian hingga saat ini Idul Adha disebut juga Hari Raya Kurban.

 

4. Puasa sunnah Arafah tanggal 9 Dzulhijjah

Puasa Arafah dilakukan saat jemaah haji sedang wukuf di padang Arafah. Dari Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang puasa Arafah, beliau menjawab, 

“Puasa Arafah menghapus dosa tahun yang lalu dan tahun yang akan datang". (HR. Muslim)

 

5. Bertaubat 

Bertaubat dari dalam hati dan mudahnya melakukan sholat taubat kemudian dilengkapi dengan berbuat amal kebaikan seperti tidak zalim kepada orang lain. 

Allah berfirman yang artinya:“Kemudian, sesungguhnya Tuhanmu (mengampuni) bagi orang-orang yang mengerjakan kesalahan karena kebodohannya, kemudian mereka bertaubat sesudah itu dan memperbaiki (dirinya), sesungguhnya Tuhanmu sesudah itu benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang“. (QS. An-Nahl: 119)

Terkait: Jemaah Haji Indonesia Diimbau Tidak Lelah dan Stres Jelang Armuzna

6. Bagi yang mampu untuk berkurban dan haji atau umroh

Dalam riwayat hadist Tirmidzi menjelaskan, qurban adalah salah satu amalan yang dicintai Allah SWT

 

عَنْ عَائِشَةَ Ø£ÙŽÙ†ÙŽÙ‘ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « مَا عَمِلَ ابْنُ آدَمَ يَوْمَ النَّحْرِ عَمَلاً أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ هِرَاقَةِ دَمٍ وَإِنَّهُ لَيَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَظْلاَفِهَا وَأَشْعَارِهَا وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ عَلَى الأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا 

Artinya: Dinarasikan Aisyah, Rasulullah SAW mengatakan, "Tidaklah pada hari nahr manusia beramal suatu amalan yang lebih dicintai Allah SWT daripada mengalirkan darah dari hewan kurban. Ia akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku, rambut hewan kurban tersebut. Dan sungguh, darah tersebut akan sampai kepada (ridho) Allah SWT sebelum tetesan darah tersebut jatuh ke bumi, maka bersihkanlah jiwa kalian dengan berkurban." (HR Tirmidzi).

Rasulullah saat ditanya terkait ibadah yang afdol pula merupakan berjihad di jalan Allah adalah dengan percaya Allah SWT dan RasulNya serta menjadi seorang haji mabrur. 

سُئِلَ النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - أَىُّ الأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ « إِيمَانٌ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ » . قِيلَ ثُمَّ مَاذَا قَالَ « جِهَادٌ فِى سَبِيلِ

اللَّهِ » . قِيلَ ثُمَّ مَاذَا قَالَ « حَجٌّ مَبْرُورٌ

 

Artinya: Rasulullah SAW ditanya, "Amalan apa yang paling afdhol?" Beliau menjawab, "Beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya." Ada yang bertanya lagi, "Kemudian apa lagi?" Beliau menjawab, "Jihad di jalan Allah SWT." Ada yang bertanya kembali, "Kemudian apa lagi?" "Haji mabrur," jawab Rasulullah SAW. (HR Bukhari).

Sementara ibadah umroh disebut-sebut bisa menghapus kefakiran dan dosa

تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

Artinya: "Ikutkanlah umroh kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga." (HR An Nasai).[dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS.