Jadwal Puasa Arafah dan Tarwiyah 2022 Kapan? Apakah Berlaku Untuk Jemaah Haji

Oleh : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Mendekati hari raya Idul Adha, masyarakat terutama umat islam membutuhkan informasi kapan tepatnya. Selain itu, jadwal pelaksanaan puasa arafah dan tarwiyah pada 1443 Hijrah atau tahun 2022 kapan?

Berdasarkan informasi yang dilansir dari website resmi Muhammadiyah.or.id, hari raya Idul Adha tahun 2022 jatuh pada tanggal 10 Zulhijah, bertepatan dengan kalender nasional jatuh pada Sabtu tanggal 9 Juli 2022.

Baca jjuga: Ini niat puasa Tarwiyah 8 Zulhijjah, Latin, Arab dan Artinya

Tanggal pasti tersebut termuat dalam Maklumat Muhammadiyah tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah. Artinya puasa arafah dan tarwiyah dilaksanakan pada 8-9 Zulhijah atau 7-8 Juli 2022 mendatang.

Namun demikian, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) hingga berita ini dimuat belum menetapkan jadwal perayaan hari raya Idul Adha atau hari raya kurban, sebab belum melaksanakan sidang isbat.

Baca juga: Niat puasa Sunnah Senin - Kamis, Tapi Haram Dilaksanakan Hari-Hari Tertentu

Lantas apakah puasa sunnah arafah dan tarwiyah berlaku pada jemaah haji?

Puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 8-9 Zulhijah di kalender hijriah tidak berlaku bagi umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah haji.

"Ibnu Umar ditanya tentang puasa Arafah ketika berada di bukit Arafah. Dia menjawab, 'Aku pernah melaksanakan haju bersama Nabi Muhammad SAW dan dia tidak puasa di Arafah, aku juga pernah haji bersama Abu Bakar, beliau juga tidak puasa Arafah. Pernah juga bersama Umar dan dia tidak berpuasa, demikian halnya bersama Utsman, beliau juga tidak berpuasa. Aku sendiri tidak berpuasa dan tidak menyuruh orang lain untuk berpuasa, dan tidak juga melarangnya". (Hadist Riwayat Tirmidzi)

Baca juga: Niat Lafal Sholat Dhuha, Catat 3 Waktu Baik Melaksanakannya

Berdasarkan hadits di atas, justru hukum kesunnahan bagi umat muslim yang tengah menunaikan ibadah haji adalah tidak berpuasa baik arafah atau tarwiyah.[dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS