Puasa Arafah 2022 Tanggal Berapa? Puasa yang Bisa Hapus Dosa 2 Tahun

Reporter: -

blokTuban.com - Pelaksanaan puasa arafah tahun 2022 tanggal berapa? Adalah informasi yang sering dicari masyarakat umum ketika mendekati perayaan hari raya Idul Adha 

Puasa arafah adalah puasa sunnah yang dikerjakan setelah puasa tarwiyah atau satu hari sebelum Idul Adha.

Pelaksanaanya menurut kalender hijriah, puasa tarwiyah dan arafah jatuh pada tanggal 8-9 Zulhijjah.

Umat muslim di seluruh dunia disunnahkan menjalankan ibadah puasa sunnah selama dua hari menyambut hari raya kurban ini. Kecuali jemaah haji yang bertepatan waktu itu menjalankan ibadah wukuf di Padang Arafah.

Namun hingga saat ini tanggal pasti belum dikeluarkan Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama. Sebab dalam prosesnya ditentukan berdasarkan posisi hilal.

Seperti diketahui beberapa waktu lalu PP MUhammadiyah mengeluarkan Maklumat Nomor 01/MLM/I.O/E/2022 tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Berdasarkna informasi di atas, pelaksanaan puasa arafah versi PP Muhammadiyah yakni 9 Zulhijah 1443 Hijriah bertepatan dengan tanggal 8 Juli 2022.

 Kautamaan Puasa Arafah

Melaksanakan ibadah puasa sunnah arafah rupanya memili keutamaan yang luar biasa. 

Seperti disebutkan dalam hadits riwayat Muslim, umat muslim yang menjalankan puasa akan dihapuskan dosanya setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

"Puasa arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu", (HR Muslim).