9 Bencana Kebakaran di Tuban Sejak Januari-Juli 2022, Salah Satunya Rumah Mantan Kades

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bencana kebakaran menjadi ancaman serius yang harus diwaspadai oleh masyarakat Kabupaten Tuban. Tidak pernah ada yang tahu, kapan dan di mana kebakaran akan terjadi, Selasa (5/7/2022).

Data Satpol PP dan Damkar Tuban, selama tahun 2021 telah terjadi 60 kali kebakaran. Sedangkan selama Januari-Juli 2022, blokTuban.com telah merangkum peristiwa kebakaran yang terjadi di beberapa kecamatan di Tuban. Kerugian materialnya variatif mulai dari puluhan juta hingga milyaran. 

Terkait : kebakaran 3 Rumah Warga Tuban Salah Satunya Joglo, Kerugian Hampir Rp2 Milyar

1. Kebakaran Kapal di Palang

Insiden kebakaran menimpa Kapal Motor (KM) Seno milik Darsilan warga Desa dan Kecamatan Palang pada Selasa (18/1/2022) malam. Informasi yang dihimpun di lapangan, kebakaran awal muncul dari bagian mesin kapal. Tidak lama berselang api cepat membesar, karena terpaan angin laut yang cukup kencang.

Akibatnya beberapa peralatan dan rumah kapal ludes terbakar. Beruntung kekompakan warga nelayan yang tahu kejadian itu, cepat tanggap melakukan tindakan untuk memadamkan api. Agar tidak merembet kebagian bodi kapal motor lainnya.

2. Kebakaran Kandang Sapi di Palang

Kebakaran terjadi di sebuah kandang sapi yang terbuat dari kayu jati mengakibatkan tiga ekor sapi mengalami luka bakar pada Jumat (4/3/2022) pukul 00.30 Wib. Kandang beserta sapi tersebut milik Taseni (57) asal Desa Ketambul, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. 

Terkait : Mantan Kades Ngawun Parengan Kehilangan 2 Rumah, 1 toko, dan 4 Kendaraan Akibat kebakaran

Selain tiga ekor sapi, pemilik tersebut juga kehilangan 20 kayu glondongan yang ikut hangus dilalap si jago merah. Penyebab kebakaran di kandang Sapi ukuran sekitar 9 x 15 meter itu diduga akibat bediang yang merembet ke tumpukan jerami dan kayu.

3. Kebakaran Rumah di Palang

Rumah Siti Mamlu'atun (36) warga Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban terbakar pada Jumat (4/3/2022) sekitar pukul 10.15 Wib. Diduga kejadian tersebut akibat konsleting listrik, yang meresmbet ke springbad, almari, hingga kursi. 

Pendataan di lokasi kebakaran, barang yang telah terbakar seperti spring bad, lemari dan pakaian, kipas angin, surat-surat penting seperti, ijazah, BPKB, Kartu Keluarga (KK), dan surat kematian. Kerugian ditaksir Rp10 juta. 

4. Kebakaran Oven Gabah di Soko

Kebakaran oven gabah di Desa Sumurcinde, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban pada Rabu (9/3) malam menyebabkan pemiliknya merugi ratusan juta rupiah. Diduga insiden kebakaran itu, akibat dinamo mesin oven meledak sehingga memicu percikan api dan menghanguskan seluruh bangunan.

5. Kebakaran Wahana Kora-kora di Jatirogo

Warga di Kabupaten Tuban sempat dihebohkan dengan insiden kebakaran pada mesin diesel di wahana permainan perahu kora-kora di pasar malam Desa Kebonharjo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban pada Sabtu (23/4) malam. 

Insident yang melibatkan puluhan orang tersebut terjadi tidak begitu lama, karena petugas langsung datang ke lokasi kejadian untuk memadamkan kobaran api. 

6. Kebakaran Rumah di Palang

Kebakaran terjadi lagi di Kecamatan Palang, Tuban tepatnya di Desa Karangagung, Dusun Karang Agung Barat RT 11 RW 3 pada Selasa (3/5) sekitar pukul 20.00 Wib. 

Si Jago Merah melahap rumah warga bernama Saliman. Informasi dari lapangan, pemilik rumah sudah tiga hari meninggalkan rumahnya untuk mudik ke wilayah Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik. 

7. Kebakaran Gudang di Bangilan

Si Jago Merah mengamuk di wilayah Tuban selatan tepatnya gudang barang bekas milik Sulikah, Rabu (4/5/2022). Korban beralamat di Dusun Kedungasri RT 01 RW 05 Desa Kedungmulyo, Kecamatan Bangilan. Api diketahui oleh pemilik gudang sekitar pukul 11.30 Wib. 

Hasil investigasi tim Damkar di lapangan, dugaan terjadinya kebakaran akibat konsleting arus listrik pada stop kontak yang berada di dalam gudang barang bekas itu. 

8. Kebakaran Rumah Mantan Kades di Parengan

Kebakaran terjadi di Desa Ngawun, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban pada Jumat (27/5) sekitar pukul 22.50 wib. Rumah yang terbakar adalah milik Pardi di Dusun Krajan Rt.04 Rw.02 yang merupakan mantan kepala desa setempat. 

Kejadian di Tuban selatan itu bermula, saat pemilik rumah (korban) sedang memperbaiki tangki bahan bakar mobilnya yang rusak karena BBM tidak mengalir ke mesin. Korban menelan kerugian kurang lebih Rp552 juta. Adapun yang terbakar yaitu, Satu unit Izuzu elf Rp 200jt, dua unit mobil Suzuki Hijet Rp 50 jt, satu unit sepeda motor Honda Gl max Rp 2 jt, dua rumah dan satu toko Rp 300 jt.

9. Kebakaran Rumah Joglo di Soko

Kebakaran rumah kembali dialami warga di Kabupaten Tuban, Umar Sidik beralamat di Dusun Mbibis RT. 01 RW. 01 Desa Tluwe, Kecamatan Soko, Tuban. Peristiwa yang membumihanguskan 3 unit rumah tersebut terjadi 4 Juli 2022 sekitar pukul 17.45 Wib. 

Untuk material yang terbakar, yaitu satu rumah/jati joglo senilai Rp1,3 Milyar, satu rumah jati biasa senilai Rp200 juta, dan satu rumah tembok plus sepedah motor serta peralatan salon dan perabotan rumah lebih kurang Rp300 juta. Dengan total kerugian hampir mencapai Rp2 milyar. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS