8 Khasiat Air Kelapa Wulung Muda Tuban yang Harganya Lebih Mahal dari Kelapa Ijo

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pasien yang dirawat di RSUD dr. R. Koesma Tuban kerap membutuhkan air kelapa wulung muda untuk mempercepat kesembuhan dari penyakit yang dideritanya. Hal tersebut disarankan oleh dokter RS daerah setempat, sehingga keluarga pasien langsung mencari penjual kelapa muda. 

Tak perlu bingung mencarinya, kelapa muda tersebut mudah didapatkan di depan gedung Aryo Tejo RSUD Koesma Tuban. Ahmad (55) pria asal Brondong, Kabupaten Lamongan itu sejak pandemi Covid-19 telah menelateni jual air kelapa muda hingga sekarang. 

Terkait : Resep Herbal Air kelapa, Atasi Adenomiosis Ala dr. Zaidul Akbar

Ia memilih lokasi di Jalan Pramuka karena salah satunya dekat dengan RS. Setiap hari ia buka pagi sekitar pukul 09.00 dan tutup sekitar pukul 16.00 Wib. 

Pria ramah ini, menjual dua jenis kelapa muda yaitu kelapa wulung yang serabutnya merah muda dan kelapa ijo dengan serabutnya berwarna putih seperti kelapa pada umumnya. 

"Tidak setiap hari sedia kelapa wulung. Biasanya keluarga pasien di RS harus memesan dulu kemudian saya bawakan esok harinya," ujar Ahmad kepada blokTuban.com, Selasa (5/7/2022). 

Terkait : Musim Kemarau, Sehari Pedagang Es kelapa Muda Habiskan 40 Biji kelapa

Harga kelapa wulung, kata Ahmad jauh lebih mahal dua kali lipat dari kelapa ijo. Satu biji kelapa wulung dijual Rp25 ribu, sedangkan kelapa ijo muda hanya Rp12.500/biji.  

"Untuk khasiat menurut saya sama. Cuma pasien kadang lebih percaya, air kelapa wulung lebih ampuh menyembuhkan penyakit dibanding air kelapa ijo," imbuh pria yang sementara ini menetap di Tuban Kota. 

Dalam sehari, Ahmad mengaku mampu menghabiskan 20 sampai 25 biji kelapa muda. Di mana satu biji kelapanya, airnya bisa ditakar untuk dua gelas besar. Selama ini, kelapa muda yang dijualnya merupakan kiriman dari Kabupaten Banyuwangi hingga Bali. 

Terkait : Menikmati Segarnya Es kelapa Muda Asli Panyuran di Tepi Pantai kelapa

"Untuk air kelapa muda dan sirup harganya Rp10.000/porsi. Sedangkan kalau es kelapa muda cuma Rp5.000/porsi," katanya. 

Dari segi manfaat, air kelapa muda serat merah juga mampu mengatasi berbagai penyakit. Nah ketahui apa saja manfaat di balik kesegaran air kelapa muda serat merah. Nah, Simak penjelasan selengkapnya dalam ulasan blokTuban.com dari blilio.

1. Mencerahkan Wajah

Kandungan asam amino di dalam air kelapa wulung baik untuk menyegarkan kulit. Dengan mengonsumsinya, kamu bisa sekaligus mendapatkan kulit yang lebih cerah. Disarankan kalau kamu menyeimbangkan dengan mengonsumsi buah-buahan dan asupan sehat lainnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menjaga kulit tetap kencang

Air kelapa serat merah juga bisa menjaga kecantikan. Di mana kekencangan kulit bisa dijaga dan membuat penampilan menjadi lebih segar. Kamu bisa rutin mengonsumsi air kelapa wulung sebagai perawatan alami.

3. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan yang terdapat di dalam air kelapa serat merah ternyata mampu meregenerasi sel-sel di tubuh secara lebih cepat. Efeknya, keriput di wajah pun bisa diminimalisasi dengan mengonsumsi air kelapa muda serat merah.

4. Menurunkan Berat Tubuh

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat tubuhnya, tak perlu diet yang berlebihan dan menyiksa diri. Kamu bisa mengonsumsi air kelapa muda serat merah secara teratur untuk menurunkan kandungan lemak jahat di dalam tubuh. Apalagi dengan rasa yang manis, kamu bisa mendapatkan kesegaran tanpa perlu menambahkan gula saat mengonsumsinya.

5. Menurunkan Kolesterol

Salah satu cara alami untuk mengatasi kolesterol tinggi adalah dengan mengonsumsi air kelapa wulung. Sebab, di dalamnya terdapat kandungan berupa protein dan serat yang lebih tinggi dibandingkan kelapa muda biasa.

6. Urine Kembali Lancar

Kelapa dengan serat berwarna kemerahan ini dapat sekaligus melancarkan urine serta membersihkan ginjal. Sehingga, organ-organ vital dalam tubuh pun dapat dilindungi dengan baik.

7. Menyeimbangkan pH dalam tubuh

Kandungan air kelapa wulung dapat membuat pH tubuh menjadi seimbang. Ketika pH tubuh seimbang, maka bisa memberikan manfaat untuk melindungi tubuh dari serangan virus.

8. Atasi Keracunan

Dalam kelapa wulung terdapat kandungan berupa tanin yang memiliki kadar lebih tinggi dibanding air kelapa pada umumnya. Kandungan tersebut menjadi solusi untuk mengatasi keracunan pada tubuh. [Ali