Musim Kemarau, Sehari Pedagang Es Kelapa Muda Habiskan 40 Biji Kelapa

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Cuaca panas yang ditimbulkan akibat dari pergantian musim dari penghujan ke kemarau akhir-akhir ini, rupanya membawa berkah tersendiri bagi para pedagang es yang menjajakan dagangannya dipinggir jalan. 

Bagaimana tidak, dicuaca terik saat ini tentu banyak masyarakat yang memburu es untuk menyegarkan tenggorokan dan menghilangkan rasa dahaga. Salah satu jenis es yang paling banyak menjadi incaran masyarakat ialah es kelapa muda. 

Selain rasanya yang enak dan segar, kelapa muda juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia. Rohman, salah seorang pedagang es kelapa muda di Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban mengaku jika dampak dari cuaca panas yang terjadi belakangan ini memang membuat dagangannya laris diserbu pembeli. 

“Alhamdulillah memang akhir-akhir ini lebih banyak pembeli karena cuacanya memang panas. Apalagi kalau siang cukup banyak yang beli walaupun pembelinya masih ramai waktu bulan ramadan kemarin,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Kamis (19/5/2022) saat ditemui di lapak jualannya. 

Biasanya, jika dalam sehari ia bisa menghabiskan sekitar 15 hingga 20 kelapa muda dalam sehari. Di awal musim kemarau ini ia mengaku bisa menghabiskan hingga 40 kelapa muda. Bahkan, jika di bulan ramadan penjualannya bisa lebih dari itu. 

Menurutnya, selain menjual es kelapa muda yang dibandrol dengan harga Rp5 ribu per bungkus, ia juga menjual kelapa muda secara bijian yang di patok dengan harga yang juga sangat terjangkau, yaitu Rp12 ribu per biji. 

“Kalau es kelapanya saya jual satu bungkusnya Rp5 ribu tapi saya juga melayani orang yang mau beli bijian, untuk harganya tergantung dari sananya tapi sekarang harganya Rp12 ribu,” terangnya. 

Dengan banyaknya pelanggan yang menyerbu lapak jualannya saat ini, maka pria ramah ini sangat bersyukur karena dapat meningkatkan pendapatan sehari-harinya dan menambah nilai ekonomis bagi keluarganya. [Sav/Ali]