Libur Nyepi, Kunjungan Wisata Pantai Kelapa Tuban Capai 2000 Orang

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Meskipun mengalami penurunan pengunjung beberapa waktu belakangan ini, akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Akan tetapi, saat libur hari raya nyepi tahun ini Wisata Pantai Kelapa mengalami kenaikan jumlah pengunjung dibandingkan tahun lalu. 

Menurut Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Kelapa, Muhasan jika kenaikan jumlah wisawatan  pada tahun ini naik meskipun tidak signifikan yaitu sekitar 10 persen.

“Liburan ini pengunjung sekitar 1.500 sampai 2000, mengalami kenaikan walaupun tidak signifikan,” ungkapnya kepada reporter blokTuban.com pada Kamis (3/3/2022). 

Pria ramah itu melanjutkan, jika biasanya wisatawan yang berkunjung di pantai yang teletak di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang itu didominasi oleh orang jawa Timur, seperti Bojonegoro, Lamongan, Probolinggo, Pasuruan, Surabaya, hingga Sidoarjo. 

Selain pemandangan yang indah, tahun ini penambahan daya tarik untuk wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kelapa ialah adanya rumah makan seafood dengan view pemandangan laut. 

“Untuk penambahan daya tarik buat wisatawan kita sediakan rumah makan seafood dengan view pemandangan laut, beserta pengembangan ke depan kita siapkan tempat santai di atas laut,” terangnya. 

Dengan demikian, Ketua Pokdarwis tersebut berharap agar pandemi Covid-19 cepat berakhir. Sekaligus pihaknya diperkenankan untuk memanfaatkan kawasan pantai dengan melakukan konservasi tanaman mangrove. 

Sekaligus adanya pembinaan dari pemerintah terkait pengolahan limbah sampah yang selama ini menumpuk, agar bisa dimanfaatkan dengan baik. 

“Adanya pembinaan buat kami dari pemerintah terkait mengolah limbah sampah yang ada selama ini, sampahnya banyak namun belum bisa dimanfaatkan dengan baik karena jaringan pasar dan SDM nya yang perlu adanya pembinaan oleh pemerintah,” tutupnya. [Sav/Ali]