6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Liburan tahun 2022 sangat disayangkan bila tidak mengunjungi destinasi wisata alam air terjun di Kabupaten Tuban. Setidaknya ada enam wisata alam yang dapat menyegarkan mata anda

Tim blokTuban.com telah merangkum destinasi wisata alam di Tuban yang harus dikunjungi selama liburan bersama keluarga. Selain harga tiketnya terjangkau, makanan dan minumannya juga cocok untuk semua lidah.

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

1. Air Terjun Nglirip

wisata air terjun Nglirip yang terletak di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Jika memulai perjalanan dari pusat Kota Tuban, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 33 kilo meter untuk tiba di air terjun Nglirip. 

Di wisata tersebut memiliki pesona alam yang indah dengan derasnya air terjun dengan bebatuan yang memberikan kesegaran serta memanjakan para pengunjung. Menjelang libur hari lebaran, pengelola menambahkan beberapa spot foto yang menarik.

Harga tiket untuk anak-anak kisaran Rp. 3000 sampai Rp. 5000 dan dewasa Rp. 5000 sampai Rp. 10.000/orang. Untuk kuliner khas di Nglirip adalah rujak dengan rasa enak dinikmati sembari melihat air terjun setinggi 25-30 meter. 

Terkait : 10 Tempat Camping terbaik di Tuban yang Lagi Hits (2022)

2. Air Terjun Dong Gong 

Air terjun Dong Gong memiliki keindahan yang menarik perhatian pengujung. Bebatuan yang ada disekitar air terjun dan lokasinya yang berada didataran tinggi menampilkan kesejukan hijaunya persawahan dan ladang yang menjadikan panorama air terjun Dong Gong semakin eksotis untuk dinikmati.

Air terjun Dong Gong terletak di lahan milik perhutani tepatnya di Dusun Tuwiwian, Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban. Berjarak sekitar 37 km dari Kota Tuban ke arah selatan. Lebih dekat ketika dikunjungi dari arah Bojonegoro maupun Rembang, Jawa Tengah.

3. Air Terjun Gajahan

Air terjun Gajahan terletak di Kecamatan Tambakboyo atau berjarak 35 Kilometer (Km) dari Tuban Kota ke arah barat.n Untuk menikmati segarnya air dari sumber alami, disarankan menggunakan sepeda.

Ada tantangan tersendiri bersepeda menuju air terjun ini. Rute ke Gajahan dari Tuban Kota dimulai dari Jalan Letda Soecipto-Merakurak-kemudian sampai perempatan Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek.

Di Kerek menjadi pos pertama beristirahat. Dilanjutkan jalur ke arah Desa Kedungrejo, Gaji, Wolutengah. Di pohon Randu empat perbatasan Kerek dan Tambakboyo, istirahat kedua. Dari sini kemudian ambil rute ke arah Desa Dikir Tambakboyo dan sampailah di air terjun Gajahan. 

Terkait : 7 oleh-oleh Khas Tuban yang Wajib Diborong Saat Liburan

4. Air Terjun Bongok

Air terjun Bongok berada di Dusun Kerokan, Desa Jetak, Kecamatan Montong, memiliki keindahan panorama alam yang sudah dikenal khalayak umum. Disarankan untuk datang di musim penghujan, karena saat kemarau panjang air terjun akan kering dan kurang bagus untuk foto. 

5. Air Terjun Pesanggrahan

Air terjun Pesanggrahan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang dimiliki Desa Kedungjambe. Lokasinya yang berada di pedesaan pinggir hutan, menyuguhkan suasana asri. Airnya yang bening, menambah kecantikan air terjun yang memiliki ketinggian 15-20 meter itu.

Bukan hanya itu, akses menuju jalan juga sudah diaspal dan dipaving. Hal itu untuk memudahkan wisatawan menikmati air terjun ke dua setelah Nglirip.

6. Air Terjun Gua Ngerong

Masih banyak khalayak yang mengetahui atau pernah mandi di air terjun di Gua Ngerong, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Letaknya kisaran 900 meter dari mulut gua, mengharuskan wisatawan untuk persiapan lengkap untuk menikmatinya. 

Selain fisik dan perlengkapan safety, wisatawan harus memulai susur goa setelah pukul 21:00 WIB. Spot wisata yang belum diketahui secara umum ini sangat layak dikunjungi. Lika liku perjalanannya, menambah keseruan indahnya goa dengan panjang 1.716,6 meter ini.

Rasa lelah seketika langsung terobati saat melihat derasnya air terjun tersebut. Saat debit airnya surut, wisatawan dapat naik ke bagian atas air terjun terdapat hamparan pasir untuk area camping. [Ali]