23:00 . 8 Khasiat Air Kelapa Wulung Muda Tuban yang Harganya Lebih Mahal dari Kelapa Ijo   |   22:00 . Polisi Tandai 2 Lokasi Balap Liar di Tuban, Patroli Spontan akan Digalakkan   |   21:00 . Bappeda Tuban Prediksi Reaktitasi Jalur Kereta Api Lebih Dulu Dibanding Tol Demak-Tuban   |   20:30 . Posko Penyekatan Hewan Ternak di Perbatasan Tuban-Rembang   |   20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Unik dan Khas Tuban, Ongkek Jadi Icon Gapura di Pameran-Kontes Bonsai Nasional

bloktuban.com | Wednesday, 22 June 2022 20:00

Unik dan Khas Tuban, Ongkek Jadi Icon Gapura di Pameran-Kontes Bonsai Nasional Ongkek jadi icon pameran dan kontes bonsai nasional di Tuban. (S)

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam kegiatan pameran dan kontes bonsai nasional yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Tuban yang bertempat di Gor Rangga Jaya Anoraga, terdapat icon ongkek yang dijadikan sebagai gapura pintu masuk dalam kegiatan tersebut. 

diketahui, ongkek sendiri merupakan peralatan tradisional yang digunakan oleh masyarakat Kabupaten Tuban pada zaman dahulu, untuk menjual minuman khas bumi wali sebutan Kabupaten Tuban yaitu legen, yang terbuat dari air nira pohon siwalan. 

Baca juga: 450 Pohon Unjuk Gigi di Kontes Bonsai Tingkat Nasional

Saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Ketua penyelenggara pameran bonsai,  Aris Sandiardhy mengungkapkan jika pihaknya memilih ongkek untuk dijadikan sebagai icon pameran, lantaran ongkek ialah produk asli buatan dari masyarakat Kabupaten Tuban. 

“Kenapa pilih ongkek, karena ongkek asli dan khas dari Kabupaten Tuban,” terangnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Rabu (22/6/2022). 

Baca juga: Dua Desa Rebutan Proyek Gas, Bupati Tuban: Camat Mampu Menjaga Iklim Investasi Gas

Kendati ongkek ini adalah produk asli Kabupaten Tuban, namun kini nama ongkek sudah mulai asing terdengar di telinga masyarakat. hal tersebut, lantaran saat ini  ongkek sudah digantikan dengan botol plastik yang lebih awet dan juga praktis. 

Sementara itu, dilansir dari nusadaily.com, secara harifiah kata ongkek  dalam bahasa jawa baru berarti ngogak-ogak, yaitu berkaitan dengan aktivitas untuk melepas atau mencabut dengan digerak-gerakkan secara kencang dan juga kuat. 

Baca juga: Atlet Balap Sepeda Berangkat Kejurprov, ISSI Tuban: Jaga Nama Baik Tuban

Biasanya, ongkek ini terbuat dari bambu yang dililit dengan lontar (daun pohon siwalan) dan dibawa dengan cara dipikul yang dilengkapi dengan gelas yang juga terbuat dari batang pohon bambu. Konon katanya, jika air nira pohon siwalan ditempatkan dalam batang bambu maka sensasi legen akan terasa lebih segar. 

Lebih lanjut, walaupun saat ini ongkek dalam bentuk asli sudah punah karena sudah tidak lagi dipergunakan. Namun, benda unik ini masih bisa dijumpai di Museum Kambang Putih, tepatnya di ruangan Ethnografi. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

Tag : ongkek tuban, ongkek, kontes bonsai nasional, tuban, bloktuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat