450 Pohon Unjuk Gigi di Kontes Bonsai Tingkat Nasional

Reporter: Savira Wahda Sofyana

bloTuban.com - Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten Tuban, mengadakan pameran dan kontes bonsai di GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban pada 21 Juni hingga 3 Juli 2022 mendatang dengan berbagai jadwal kegiatan yang telah dipersiapkan. 

Menurut informasi yang dihimpun oleh blokTuban.com, hingga kini sudah ada sekitar 450 kontestan dari berbagai daerah di Indonesia yang mendaftarkan diri dalam perlombaan ini. Ada banyak jenis bonsai yang dipamerkan salah satunya jenis bonsai serut di batu, yang merupakan jenis pohon bonsai lokal Kabupaten Tuban. 

Baca juga: Aksi Jambret Gagal di Tuban Terekam CCTV, Polsek Kota: Akan Tangkap Pelaku!

Ketua Penyelenggara Pameran, Aris Sandiardhy mengungkapkan jika pameran dan kontes bonsai ini sendiri digelar sebagai agenda dua tahunan dari PPBI cabang Tuban. 

"Agenda dua tahunan dari PPBI cabang Tuban, pesertanya dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Organisasi PPBI. Untuk jadwal hari pertama tanggal 21 kemarin sudah masuk 450 pohon dan hari ini terakhir penerimaan barang," terangnya saat dikonfirmasi blokTuban.com, Rabu (22/6/2022). 

Baca juga: Viral Lansia Tuban Tak Dapat Bansos, Pemdes Remen Mengadu ke Dinsos dan Bawa Bukti Pencairan Bantuan

Berbagai persiapan sudah dilakukan oleh pihaknya mulai dari tempat hingga dekorasi. Selain agenda rutin, Aris sapaan akrabnya juga menambahkan jika kegiatan ini  bertujuan sebagai wadah karya masyarakat dalam berbonsai. 

Tak ada persyaratan berat untuk dapat mengikuti kontes ini. Pasalnya, Aris mengatakan jika syarat dan ketentuannya hanya satu yaitu para peserta wajib sudah terdaftar sebagai anggota PPBI, dibuktikan dengan kartu keanggotaan.

Baca juga: Demo Jilid II, Demonstran PMII Kecewa Tak Bertemu Bupati Tuban

"Syarat dan ketentuan harus terdaftar menjadi anggota PPBI, dengan bukti memiliki kartu anggota yang diterbitkan oleh PPBI pusat," jelasnya. 

Lebih lanjut, pria ramah ini juga berharap jika adanya pameran dan kontes bonsai ini dapat mengembangkan ekonomi masyarakat disektor UMKM dengan sasaran menjual bibit bonsai yang dihasilkan dari budidaya bibit atau pohon.

Sekedar diketahui,  dari informasi yang didapat di lapangan jika tempat pameran bonsai ini pindah dari yang sebelumnya di Stadion Bumi Wali Tuban, kini beralih ke GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban karena keterbatasan tempat. [Sav/Dwi]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS