Berdiri Patung Soekarno Kecil, SDN Purwotengah Jadi Cagar Budaya Indonesia

blokTuban.com - Di halaman Sekolah "Ongko Loro", berdiri sebuah patuh Presiden RI 1, Soekarno. Sebab, Bung Karno semasa kecilnya belajar di sekolah yang kini bernama SDN Purwotengah, Kota Mojokerto di kisaran tahun 1907 sampai 1912. 

Patung Proklamator Kemerdekaan Indonesia tersebut berdiri luru dengan gerbang masuk lingkungan sekolah. Tak heran, SDN Purwotengah saat ini ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya di Indonesia.

Berdirinya patung perunggu Soekarno kecil tersebut, atas inisiatif Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari, SE. Setelah kelas lima SDN Purwotengah, Bung Karno melanjutkan ke HIS Mojokerto (ELS) yang sekarang menjadi SMPN 2 Mojokerto sampai tahun 1917.

Lihat Juga : SDN Purwosari II Mojokerto, Tempat Bung Karno Mengenyam Pendidikan Dasar Semasa Kecil

Pada satu blok bangunan sekolah, tampak sebuah ruang kelas yang tidak digunakan sebagai tempat belajar. Di kelas itu tertempel foto-foto Soekarno, bangku belajar, dan papan tulis berusia tua. 

Di sisi belakang gedung, terdapat sebuah bangunan tua yang di dalamnya terdapat benda-benda memiliki suasana khas kehidupan di masa sebelum atau awal kemerdekaan Indonesia. (*)

Temukan Konten Berita Tuban Menarik Lainnya di GOOGLE NEWS.