20:00 . Peresmian Balai Seni Budaya Nusantara Tuban Dihadiri Nomo Koeswoyo   |   19:00 . Sigini Biaya Pasang Sambungan Baru Air PDAM Tuban Golongan I, II, dan III   |   18:00 . Women King dan Pamali Tayang di Bioskop NSC Tuban Hari Ini   |   17:00 . Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup   |   16:00 . Lirik Lagu HELLO - TREASURE Beserta Terjemah Bahasa Indonesia   |   15:00 . Beras di Tuban Turun, Telur Ayam Naik   |   14:00 . Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta   |   13:00 . Habis Shubuh Rumah Warga Tuban Terbakar, Surat Berharga dan Uang Tunai Lenyap   |   12:00 . Lowongan Kerja Nakes di RS Muhammadiyah Babat untuk Bulan Oktober 2022   |   11:00 . Turun Rp5.000, Harga Emas Antam Dibanrol Rp957.000 Per Gram   |   10:00 . Doa Memohon Agar Memiliki Anak Berakhlah Terpuji   |   09:00 . Hasil Audit BKN Temukan Kesalahan Mutasi 530 Pejabat di Tuban, Ini Respon Jubir Pemkab   |   08:00 . Hebat! Koarmada II Pecahkan Rekor Muri Water Trappen di HUT ke-77 TNI   |   07:00 . Anak Usaha Pertamina Punya 17 Rumah Sakit di Jawa Timur, Terbanyak di Gresik   |   06:00 . Delapan Kecamatan di Tuban Berpotensi Hujan Petir Hari Ini   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

2 Buah Ikon Tuban Ada di Alun-alun, Ukurannya Raksasa

bloktuban.com | Thursday, 16 June 2022 14:00

2 Buah Ikon Tuban Ada di Alun-alun, Ukurannya Raksasa Miniatur buah siwalan dan belimbing madu berukuran besar, sehingga memudahkan untuk siapapun melihatnya. (Foto:Ali/blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Siapa yang tidak mengenal belimbing madu dan siwalan?. Ya, dua buah yang berasa manis itu merupakan ikon Kabupaten Tuban, dan sekarang berada di Alun-alun Tuban, Kamis (16/6/2022).

Sebagai ikon, Pemerintah Kabupaten Tuban membuatnya dengan ukuran raksasa dari aslinya. Tujuannya tentu supaya dapat terlihat jelas oleh siapapun yang melintasi Kabupaten Tuban dari jalur Pantura. 

Baca Juga : Dikenal Rasanya yang Manis, Begini Rahasia Keunggulan belimbing Madu

Bagi yang ingin memetik langsung belimbing madu, pelancong atau wisatawan dapat datang ke Agroppolitan Belimbing di Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang. Letaknya ada di sebelah timur Alun-alun Tuban. 

Sebagai informasi, bahwa keunggulan belimbing madu Tuban sudah dikenal di tingkat nasional. Bahkan pada tahun 2009, Menteri Pertanian Republik Indonesia menetapkan belimbing madu sebagai varietas baru.

Baca Juga : Kebun belimbing Jadi Lokasi Sarana Edukasi untuk Anak-anak

Sedangkan buah siwalan sendiri, banyak tumbuh hampir di seluruh wilayah di Kabupaten Tuban, salah satunya di Widengan, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding. Buah yang kerap disebut sebagai ental oleh masyarakat lokal ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Tuban. 

Berbeda dengan belimbing madu yang dapat dipetik dari kebunnya, siwalan ini tidak semudah itu untuk memetiknya karena pohonnya tinggi. Untuk memudahkan konsumen, warga lokal telah menyediakannya di tepi Jalan Manunggal Selatan, pembeli dapat bebas memilih buah yang bertektur kenyal itu. 

Baca Juga : Bukan Musimnya, siwalan Banyak Dicari Wisatawan yang Berkunjung Ke Tuban

Kios yang menjual siwalan di Jalan Manunggal Selatan dibuka nonstop selama 24 jam. Diantara penjualnya bernama Bejo dan Kasmuah. Keduanya juga menjual legen, buah srikaya, kerupuk, hingga kecap di kiosnya. 

“Srikaya ini juga kulakan, kalau nggak musim nggak ada. Harganya macam-macam, ada yang Rp12.000, Rp15.000, sekeranjang juga lebih murah,” terang Bejo kepada blokTuban.com.

Baca Juga : Batik Motif Buah siwalan Lapas Tuban Dapat Hak Cipta, Ini Nama Pencetusnya

Sementara harga legen yang dijualnya berkisar dari Rp12 ribu-Rp15 ribu. Berbeda dengan harga siwalan, saat sedang musim dijual dengan harga Rp5.000, sedangkan ketika tidak musimnya harganya bisa Rp7000 per bungkusnya. [Ali]

Temukan Konten Berita Tuban Menarik Lainnya di Google News.

 

Tag : Ikon Tuban, Alun-alun Tuban, belimbing madu, siwalan Tuban, buah raksasa, berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat