Batik Motif Buah Siwalan Lapas Tuban Dapat Hak Cipta, Ini Nama Pencetusnya

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Selain batik gedog yang menjadi ciri khas Kabupaten Tuban, ada beragam motif batik yang tak kalah bagus dan kaya akan nilai sejarah. Motif-motif baru terus muncul, salah satunya seni batik bermotif buah siwalan dan daun lontar khas Tuban.

Batik berjudul seger siwalan tersebut kini telah memiliki hak paten. Plt Direktur Jenderal Kekayanan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI Razilu langsung menyerahkan sertifikat Hak Cipta Kepada Kepala Lapas Kelas IIB Tuban Siswarno pada Kamis, (23/12/2021).

Penyerahan tersebut dilakukan pada saat Penguatan Pelayanan Publik dibidang Kekayaan Intelektual Berbasis Digital yang diselenggarakan di Kantor Pemerintah Kabupaten Tuban.

Siswarno mengatakan bahwa sertifikat hak cipta yang diperoleh adalah karya seni batik yang diciptakan oleh Kasubsi Perawatan Lapas Tuban Fariz Nur. Petugas tersebut kemudian mendedikasikan dan mengalihkan haknya untuk Lapas Kelas IIB Tuban.

“Ini adalah hasil dari anggota kami, yang kita daftarkan hak ciptanya agar menambah warisan corak budaya kabupaten Tuban melalui karya seni batik,” kata Siswarno.

Selanjutnya ia berencana akan menjalin kerjasama dengan pihak terkait untuk membuat pelatihan membatik bagi warga binaan Lapas Tuban. Pembekalan tersebut sama dengan ilmu wirausaha yang telah dijalin Lapas dengan BLK beberapa waktu lalu.

“Ini adalah langkah awal yang baik untuk menambah wahana pelatihan kemandirian bagi warga binaan kami,” cetusnya.

Sebagai warga asli Tuban, Siswarno menyampaikan dengan adanya hal tersebut dirinya dapat mengangkat salah satu corak seni Tuban untuk diakui secara Nasional.

Data di laman rumahukm, bahwa Tuban memiliki corak kebudayaan Jawa, Islam, dan Tiongkok yang ketiganya sama-sama berkembang dan berdampingan dengan harmonis. Budaya Jawa terlihat di motif bunga, budaya Islam tampak di motif kijing miring, dan pengaruh budaya Tiongkok hadir melalui motif burung Hong (phoenix). Terdapat 100 ragam motif batik Tuban, 40 diantaranya sudah dipatenkan pemerintah daerah setempat sebagai upaya pelestarian budaya. Keunggulan Batik Tuban adalah konsistensi perajin untuk melestarikan batik tulis, hanya beberapa perajin saja yang masih mengaplikasikan batik cap. [ali/sas]