19:00 . Segini Jumlah Sopir Angkutan dan Ojol Tuban yang Terdaftar BLT BBM   |   18:00 . Harga Telur di Tuban Tembus Rp30 ribu Per Kilogram, Pemicunya BPNT dan PKH Cair   |   17:00 . Melalui Sekoah Binaan, PT UTSG Kembangkan Program Penghijauan (PRANARAKSA) di SMK Negeri Tambakboyo Tuban   |   16:00 . Pusat Belajar Guru Tuban Pamerkan 40 Karya Guru Berbagai Jenjang   |   15:00 . Lantik Pengurus Cabang SH Terate Tuban, Ketum PSHT Serukan Jauhi Narkoba   |   14:00 . PT UtSG Serahkan dan Tanam 23 Jenis Pohon Buah Langka di SMK Negeri Tambakboyo Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja 6 Formasi di Klinik Kecantikan Cabang Tuban- Bojonegoro   |   12:00 . Santri Kaya Tidak Berdosa   |   11:00 . Jadwal Tanding Piala Dunia 2022 Qatar Malam Ini 1-2 Desember 2022, Ada Jerman dan Spanyol   |   10:00 . Daftar Desa di Tuban Kebanjiran Dampak Luapan Kali Kening, Warga Mulai Dievakuasi   |   09:00 . Segera Dibangun, Ini Bocoran Lelang Tol Demak-Tuban   |   08:00 . Dok!..Dana Bantuan Parpol Tuban Jadi Rp5 Ribu per Suara di 2023   |   07:00 . Ciptakan Sipinter, Mahasiswa PEM Akamigas Raih Emas di IWA 2022   |   06:00 . Kali Kening Meluap, Ratusan Rumah Warga di Tuban Terendam Banjir   |   05:00 . Penyintas Gempa Cianjur yang Selamat Pilih Jadi Relawan   |  
Thu, 01 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pasca Jembatan Glendeng Ditutup

Pemotor Banyak Gunakan Tambangan Perahu, Omset Sehari Capai Jutaan Rupiah

bloktuban.com | Tuesday, 14 June 2022 13:00

Pemotor Banyak Gunakan Tambangan Perahu, Omset Sehari Capai Jutaan Rupiah Pemotor memlih menyebrang menggunakan tambangan perahu. (Foto:Nur/blokTuban.com)

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Dampak dari penutupan akses jalan jembatan Glendeng pada tanggal 21 Mei 2022 lalau, sebagian masyarakat memilih menyeberangi sungai bengawan solo dengan menggunakan perahu tambang. 

Hal ini membawa berkah tersendiri bagi penarik perahu tambang. Dalam sehari omset dari perahu tambang mencapai jutaan rupiah.

Baca juga: Disentil DPRD Tuban, Pemilik jembatan glendeng Baru Dibahas Minggu Depan

Perahu tambang ini merupakan sebuah perahu pengangkut pasir yang dialih fungsikan untuk mengakomodir mobilitas masyarakat yang hendak menyeberangi bengawan solo

Terdapat dua perahu yang digunakan untuk menyeberangi sungai,  satu perahu yang dioperasikan warga Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban yang kedua milik Waskito (40) warga Desa Glendeng, Kecamatan Bojonegoro. Perahu sendiri bukan milik Waskito, tetapi ia menyewa perahu dari seseorang. 

Perahu ini digerakan dengan menggunakan tenaga disel. Sekali angkut perahu  tambang muat 12-16 kendaraan jenis sepeda motor. 

Baca juga: Sesalkan Pembangunan jembatan glendeng Buru-buru, KNPI: Pemkab Tuban Rugikan Pengguna Jalan

“saya menyewa perahu dari seseorang mas, untuk satu harinya sewanya Rp300.000 rupiah, saya beroperasi mulai jam 05.00-21.00 wib dan terdapat dua shift 1 jam 05.00- 13.00 shift 2 jam 14.00 – 21.00 wib serta ramainya biasanya pada jam berangkat kerja dan pulang”. Ucap Waskito kepada blokTuban.com, Selasa (14/06/2022).

Menurut pengakuan Waskito, ia baru beroperasi selama dua minggu dan mengajak beberapa tetangganya untuk mengoperasikan perahu. Untuk tarif satu sepeda motor ia kenakan Rp2.000 dan dapat menyeberang hingga 100 kali dalam satu hari. Sehari membutuhkan solar sebanayk 10 liter untuk mengoprasikan perahunya.

Baca juga: Bahayakan R2 dan R4, jembatan glendeng Tuban Besok Ditutup Total

Sementara itu Andi (25) warga Bojonegoro kepada blokTuban.com mengatakan ia baru pertama kali naik perahu tambang, ia hendak berkunjung ke wisata Klumpit yang berada di Kabupaten Tuban. Ia merasa terbantu dengan adanya perahu tambang karena jika tidak ada perahu tambang maka ia harus menempuh jarak lebih jauh lagi untuk sampai di tujuan. 

“Saya merasa terbantu (menyeberang sungai bengawan, red) cuma Rp2.000 dari pada harus muter jauh,” ucapnya.[Nur/Dwi]

 

Dapatkan Berita Tuban menarik lainnya DI SINI 

Tag : Jembatan Glendeng ditutup, perahu tambang, Tuban, Bojonegoro, Kabupaten Tuban, bloktuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat