09:00 . Stabil, Harga Emas Cetakan Antam dan UBS di Pegadaian, Senin 15 Agustus 2022   |   08:00 . Hukum Menyemir Rambut di Ajaran Islam, Ini Pendapat Ulama   |   07:00 . Prakiraan Cuaca Tuban Hari ini, Senin 15 Agustus 2022   |   06:00 . Selain Marning, Warga Desa Jlodro Tuban Mulai Olah Jagung Menjadi Nugget   |   05:00 . Dear Warga Tuban, Manfaatkan Konsultasi Hukum Gratis di Ruang CFD   |   18:00 . Besok 2.500 Buruh Metal Tuban Demo di 4 Lokasi Ini, Simak Tuntutan dan Rutenya   |   17:00 . Cantiknya Kue Siwalan Crunchy Puff Tuban, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Liburan   |   16:00 . Keren! Di Tangan Siswa SMKN 3 Tuban, Buah Siwalan Jadi Kue Beraneka Rasa   |   15:00 . Hujan Masih Turun di Bulan Agustus 2022, Ini Kata BMKG Tuban   |   14:00 . Pertunjukan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Tuban pada Pengukuhan Anggota Baru   |   13:00 . 1.548 Anggota Pagar Nusa Tuban Dikukuhkan, Dihadiri Tokoh Penting dari Kiai hingga Aparat Penegak Hukum   |   12:00 . 5 Pasangan Mesum Bukan Suami Istri di Tuban Terjaring Operasi Cipta Kondisi, Beberapa Berstatus Mahasiswa   |   11:00 . 490 Personel Polisi Diturunkan pada Pengukuhan Anggota Pagar Nusa Tuban, Penggembira Dilarang Konvoi   |   10:00 . Dua Zodiak Pemilik Bulan Agustus Alami Keberuntungan Bidang Karir   |   09:00 . Lirik dan Chord Gitar Disana Menanti Disini Menunggu - Maulana Ardiansyah (Live Ska Reggae) | Trending Youtube   |  
Mon, 15 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pasca Jembatan Glendeng Ditutup

Pemotor Banyak Gunakan Tambangan Perahu, Omset Sehari Capai Jutaan Rupiah

bloktuban.com | Tuesday, 14 June 2022 13:00

Pemotor Banyak Gunakan Tambangan Perahu, Omset Sehari Capai Jutaan Rupiah Pemotor memlih menyebrang menggunakan tambangan perahu. (Foto:Nur/blokTuban.com)

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Dampak dari penutupan akses jalan jembatan Glendeng pada tanggal 21 Mei 2022 lalau, sebagian masyarakat memilih menyeberangi sungai bengawan solo dengan menggunakan perahu tambang. 

Hal ini membawa berkah tersendiri bagi penarik perahu tambang. Dalam sehari omset dari perahu tambang mencapai jutaan rupiah.

Baca juga: Disentil DPRD Tuban, Pemilik jembatan glendeng Baru Dibahas Minggu Depan

Perahu tambang ini merupakan sebuah perahu pengangkut pasir yang dialih fungsikan untuk mengakomodir mobilitas masyarakat yang hendak menyeberangi bengawan solo

Terdapat dua perahu yang digunakan untuk menyeberangi sungai,  satu perahu yang dioperasikan warga Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban yang kedua milik Waskito (40) warga Desa Glendeng, Kecamatan Bojonegoro. Perahu sendiri bukan milik Waskito, tetapi ia menyewa perahu dari seseorang. 

Perahu ini digerakan dengan menggunakan tenaga disel. Sekali angkut perahu  tambang muat 12-16 kendaraan jenis sepeda motor. 

Baca juga: Sesalkan Pembangunan jembatan glendeng Buru-buru, KNPI: Pemkab Tuban Rugikan Pengguna Jalan

“saya menyewa perahu dari seseorang mas, untuk satu harinya sewanya Rp300.000 rupiah, saya beroperasi mulai jam 05.00-21.00 wib dan terdapat dua shift 1 jam 05.00- 13.00 shift 2 jam 14.00 – 21.00 wib serta ramainya biasanya pada jam berangkat kerja dan pulang”. Ucap Waskito kepada blokTuban.com, Selasa (14/06/2022).

Menurut pengakuan Waskito, ia baru beroperasi selama dua minggu dan mengajak beberapa tetangganya untuk mengoperasikan perahu. Untuk tarif satu sepeda motor ia kenakan Rp2.000 dan dapat menyeberang hingga 100 kali dalam satu hari. Sehari membutuhkan solar sebanayk 10 liter untuk mengoprasikan perahunya.

Baca juga: Bahayakan R2 dan R4, jembatan glendeng Tuban Besok Ditutup Total

Sementara itu Andi (25) warga Bojonegoro kepada blokTuban.com mengatakan ia baru pertama kali naik perahu tambang, ia hendak berkunjung ke wisata Klumpit yang berada di Kabupaten Tuban. Ia merasa terbantu dengan adanya perahu tambang karena jika tidak ada perahu tambang maka ia harus menempuh jarak lebih jauh lagi untuk sampai di tujuan. 

“Saya merasa terbantu (menyeberang sungai bengawan, red) cuma Rp2.000 dari pada harus muter jauh,” ucapnya.[Nur/Dwi]

 

Dapatkan Berita Tuban menarik lainnya DI SINI 

Tag : Jembatan Glendeng ditutup, perahu tambang, Tuban, Bojonegoro, Kabupaten Tuban, bloktuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat