18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |   18:00 . Capaian Vaksin Booster di Tuban 34,42%   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bahayakan R2 dan R4, Jembatan Glendeng Tuban Besok Ditutup Total

bloktuban.com | Friday, 20 May 2022 12:00

Bahayakan R2 dan R4, Jembatan Glendeng Tuban Besok Ditutup Total Mulai besok pengguna jalan R2 dan R4 tidak bisa melintasi Jembatan Glendeng. (dok.blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pengguna Jembatan Glendeng penghubung Kabupaten Tuban dan Bojonegoro harus memutar kembali ke pertigaan Ponco untuk beraktifitas. Sebab, mulai Sabtu (21/5) besok, Jembatan Glendeng akan ditutup kembali setelah adanya rekomendasi kajian teknis PU Bina Marga Jatim. 

Kabar penutupan jembatan sepanjang 310 meter dengan lebar 5 meter itu, merupakan hasil rapat terbatas di Polres Tuban. Dihadiri pihak Satlantas, PUPR, Dinas Perhubungan Tuban dan Bojonegoro, serta PU Bina Marga Jatim, Jumat (20/5/2022). 

KBO Sat Lantas Polres Tuban Ipda Sampir Santoso menjelaskan, berdasarkan hasil rapat forum lalu lintas Tuban dan Bojonegoro serta rekomendasi dari PUPR Jatim bahwa jembatan Glendeng ditutup untuk R2 maupun R4 baik dari arah Tuban ke Bojonegoro maupun sebaliknya.

"Untuk kendaraan yang dari arah Tuban dilewatkan Soko-Parengan- Ponco Bojonegoro," ungkap Ipda Sampir. 

Baca berita terkait : Ada Portal Permanen, Maksimal Kendaraan Setinggi 2,1 Meter Dapat Melintasi Jembatan Glendeng Tuban

Hal serupa dibenarkan oleh Kepala Dinas PUPR, PRKP Tuban, Agung Supriyadi. Kendati demikian, ia akan koordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Perhubungan Tuban untuk teknis penutupannya besok. 

"Betul, memang rekomendasi hasil rapat seperti itu. Tapi, kami belum membahas teknis penutupannya," sambungnya. 

Sementara untuk alasan penutupan Jembatan Glendeng, karena ada penurunan tanah di wilayah Kabupaten Tuban. Dampaknya satu bentang di ujung jembatan sisi Tuban mengalami turun beberapa Centimeter kembali. 

Sekedar diketahui, penutupan Jembatan Glendeng berulang kali bermula dari longsor tanah penyangga jembatan yang pertama diketahui pada 3 November 2020 lalu. Perbaikannya pagu anggaran yang disiapkan Pemkab Tuban mencapai Rp4,17 miliar yang bersumber dari APBD Tuban tahun 2021. Belakangan Pemkab menambah anggaran perbaikan menjadi Rp5 sampai 6,5 miliar untuk Jembatan Glendeng. 

Dalam perbaikannya, jembatan yang seharusnya rampung pada 24 Desember 2021 molor dari jadwal. CV. Langgeng Karya yang menangani perbaikan bagan jembatan penghubung antara Kabupaten Tuban dan Bojonegoro itupun terkena denda karena pekerjaannya. 

Anehnya, pemilik aset Jembatan Glendeng penghubung Kabupaten Tuban dan Bojonegoro ternyata belum jelas atau tidak bertuan. Setelah di cek di buku administrasi, jembatan sepanjang 310 meter itu tidak tercatat sebagai aset Kabupaten Tuban, Bojonegoro, maupun Provinsi Jawa Timur. 

"Jembatan Glendeng diprakirakan dibangun kisaran tahun 1990-an, dan sampai tahun 2020 tidak pernah dirawat," imbuh Agung. 

Setelah diperbaiki, hanya R2 dan R4 yang diijinkan melintasi Jembatan Glendeng. Untuk menghalau kendaraan R6, petugas memasang portal setinggi 210 Cm ata 2,1 meter di tengah jalan sebelum masuk jembatan tersebut. Turunnya tanah di bawah jembatan, mengakibatkan forum lalu lintas Tuban dan Bojonegoro sepakat menutup total jembatan demi keselamatan semua pihak. [Ali]

 

 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, Jembatan Glendeng, tutup total



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat