09:00 . Stabil, Harga Emas Cetakan Antam dan UBS di Pegadaian, Senin 15 Agustus 2022   |   08:00 . Hukum Menyemir Rambut di Ajaran Islam, Ini Pendapat Ulama   |   07:00 . Prakiraan Cuaca Tuban Hari ini, Senin 15 Agustus 2022   |   06:00 . Selain Marning, Warga Desa Jlodro Tuban Mulai Olah Jagung Menjadi Nugget   |   05:00 . Dear Warga Tuban, Manfaatkan Konsultasi Hukum Gratis di Ruang CFD   |   18:00 . Besok 2.500 Buruh Metal Tuban Demo di 4 Lokasi Ini, Simak Tuntutan dan Rutenya   |   17:00 . Cantiknya Kue Siwalan Crunchy Puff Tuban, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Liburan   |   16:00 . Keren! Di Tangan Siswa SMKN 3 Tuban, Buah Siwalan Jadi Kue Beraneka Rasa   |   15:00 . Hujan Masih Turun di Bulan Agustus 2022, Ini Kata BMKG Tuban   |   14:00 . Pertunjukan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Tuban pada Pengukuhan Anggota Baru   |   13:00 . 1.548 Anggota Pagar Nusa Tuban Dikukuhkan, Dihadiri Tokoh Penting dari Kiai hingga Aparat Penegak Hukum   |   12:00 . 5 Pasangan Mesum Bukan Suami Istri di Tuban Terjaring Operasi Cipta Kondisi, Beberapa Berstatus Mahasiswa   |   11:00 . 490 Personel Polisi Diturunkan pada Pengukuhan Anggota Pagar Nusa Tuban, Penggembira Dilarang Konvoi   |   10:00 . Dua Zodiak Pemilik Bulan Agustus Alami Keberuntungan Bidang Karir   |   09:00 . Lirik dan Chord Gitar Disana Menanti Disini Menunggu - Maulana Ardiansyah (Live Ska Reggae) | Trending Youtube   |  
Mon, 15 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Proyek Gas di Tuban Jadi Rebutan Dua Desa, Forkopimca Merakurak Tempuh Jalur Mediasi

bloktuban.com | Monday, 13 June 2022 16:00

Proyek Gas di Tuban Jadi Rebutan Dua Desa, Forkopimca Merakurak Tempuh Jalur Mediasi Pekerjaan urugan Gas Sumber terus berjalan di Desa Sambonggede, Merakurak. (Foto:Ali/blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dua Desa di Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban kini sedang memperebutkan proyek gas sumur Sumber. Desa yang berseteru soal pekerjaan urugan, hingga prosentase tenaga kerja adalah Sambonggede, dan Sumber.

Proyek gas yang dikelola perusahaan swasta PT. Sumber Aneka Gas (SAG) itu, pabrik pengelolahan gasnya bakal berdiri di Desa Sambonggede. Kendati demikian, dampaknya diklaim lebih dekat dengan pemukiman Desa Sumber yang berada di sebelah utaranya. Hal inilah yang memicu perdebatan kedua desa tersebut.

Sumur Gas Sumber sendiri masuk dalam Wilayah Kerja (WK) PT. Pertamina Hulu Energi - Tuban East Java (PHE-TEJ) menggantikan operator Minyak dan Gas Bumi (Migas) sebelumnya Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ). 

Baca Juga : Pemkab Tuban Berburu Peluang di gas sumber

Sumur 1 Sumber selesai dilakukan eksplorasi dan uji coba pengeboran produksi pada akhir tahun 2013 silam. Pertengahan tahun 2022 ini, pabrik pengolahan Gas Sumber mulai digarap oleh PT.SAG di Desa Sambonggede.

"Pekerjaan urugannya baru jalan sehari," ujar Camat Merakurak, M. Mustakim kepada blokTuban.com di ruang kerjanya, Senin (13/6/2022) sore. 

Tak ingin polemik kedua desa berkepanjangan, Forkopimca Merakurak kemudian mengundang perwakilan dari kedua desa terdiri dari kepala desa, BPD, LPMD, karangan taruna, dan tokoh masyarakat di Kantor Kecamatan Merakurak hari ini. 

Baca Juga : Cairkan Dana CSR, Pemdes Sambonggede Tanggulangi Sampah

Dalam pelaksanaannya ternyata ada pihak lain yang tidak diundang datang. Ketika pihak tersebut diminta untuk meninggalkan lokasi ternyata tidak mau, dan akhirnya rapat dibatalkan dan dialihkan ke Mapolsek Merakurak sekitar pukul 13.00 Wib. 

"Dalam mediasi di Polsek sudah kita fasilitasi kepentingannya, ternyata belum ada titik temu. Kedua desa memiliki kepentingan prosentase kompensasi proyek gas PT.SAG. Meskipun belum ada titik temu, tapi Forkopimca pastikan proyek tetap berjalan," imbuh mantan Sekcam Bangilan itu. 

Setelah mediasi, Bisnis Manager PT.SAG, Andi C. Nugroho menambahkan, bahwa Pemdes Sambonggede meminta prosentase pekerjaan hingga tenaga kerja 70:30, sedangkan Pemdes Sumber meminta 50:50. 

"Prinsipnya dari perusahaan mengikuti Forkopimca. Mediasi hari ini belum ada titik temu dan pertemuan lanjutan kami menunggu undangan," sambungnya. 

Andik menegaskan, bahwa pekerjaan urugan pabrik pengolahan gas dikerjakan sendiri oleh PT. SAG dan tidak melibatkan kontraktor manapun. Proyek seluas 7 hektare itu diproyeksikan beroperasi pada tahun 2023. [Ali]

Dapatkan Konten Berita Tuban Menarik Lainnya Hanya di Google News.

 

 

 

Tag : Gas Sumber, Sumur Sumber, PT.SAG, Forkopimca Merakurak, tempuh mediasi, tenaga kerja



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat