Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Sambonggede, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur mendapat dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari operator Sumur gas Sumber, Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ).

Meski lapangan gas Sumber belum berproduksi, namun tahun ini operator Blok Tuban telah menggulirkan CSR sebesar Rp76 juta. Dana yang dibayarkan tersebut, merupakan CSR yang pertama.

"Kami mengapresiasi iktikad baik operator Sumur gas Sumber, JOB PPEJ yang telah memberikan porgram CSR-nya," ujar Kepala Desa Sambonggede, Yemi Trisantono, Kamis (3/11/2016).

Pihaknya juga menjelaskan, saat ini CSR telah dicairkan 30 persen. Dana tersebut dialokasikan untuk program menanggulangi sampah rumah tangga. Kata dia, itu salah satu program yang diusulkan desa, dan disetujui oleh perusahaan.

"Program penanggulangan sampah nantinya akan dikelola Karang Taruna (Kartar)," tandasnya.

Lebih jauh orang nomer satu di Desa Sambonggede itu menambahkan, Pemdes dan JOB PPEJ telah sepakat dana sebesar Rp21 juta itu dibelikan kendaraan roda tiga. Menurutnya, selama ini sampah menjadi masalah serius, dan perlu diatasi bersama.

"Kendaraan dengan bak terbuka itu digunakan untuk mengusung sampah rumah tangga Sambonggede, menuju pusat TPA di Kecamatan Semanding," beber Yemi, sapaan akrabnya.

Masih kata Yemi, Pemdes Sambonggede akan terus mengawal CSR Sumur Sumber. Harapannya, realisasi CSR bisa bermanfaat di bidang pemberdayaan masyarakat. Dengan begitu, ekonomi masyarakat juga bisa meningkat seiring dengan beroperasinya lapangan Sumber.

"Kita juga ingin, pihak perusahaan juga merekrut warga lokal jika sudah beroperasi," Yemi menambahkan.

Diketahui sebelumnya, informasi yang diterima Pemdes Sambonggede saat awal eksplorasi di Lapangan Sumber ada 13 sumur. Ladang gas tersebut akan dieksploitasi ketika Sumur Sumber 1 berhasil diproduksi.

"Belasan sumur tersebut, rencananya akan ditempatkan di tempat yang sama, yakni di lahan yang sudah dibebaskan JOB PPEJ selaku operator dari sumur Sumber," jelasnya.

Ketika dikonfirmasi, Field Admin Superintendent (FAS) JOB PPEJ, Akbar Pradima, soal realisasi CSR dan keberlanjutan eksplorasi Sumur Sumber, sementara belum ada tanggapan. [rof/rom]