17:00 . Hibah Keagamaan Tuban 2022 Totalnya Rp4,75 Milyar, Insentif Ribuan Guru TPQ Telah Ditransfer   |   16:00 . KPU Jatim: Regulasi, Teknologi dan Kepemiluan Harus Dikuasai Seluruh Devisi KPU   |   15:00 . Makam Sakral di Desa Pakis Tuban Konon Mertua Ronggolawe   |   14:00 . Pemotor Tewas di Jalan Pantura Tuban Usai Menabrak Truk Parkir   |   13:00 . Persatu Tuban Diperkuat 13 Pemain Lokal, Pelatih Medy : Masih Kurang 12 Pemain Lagi   |   12:00 . Ini Rute Menuju Bukit Lei Tuban, Lokasi Liga Paralayang Jatim Seri 2   |   10:00 . Gubernur Khofifah dan Bupati Lindra Apresiasi Pasar Murah Ika Unair Tuban   |   09:00 . Harga Cabai dan Bawang Merah Tuban Anjlok, Sayur Mayur Merangkak Naik   |   08:00 . Sinopsis dan Deretan Artis di Film Horor Jailangkung Sandekala   |   07:00 . Ikuti Laga Persahabatan Trofeo Tuban, Cara TPPI FC Jaga Kebugaran Karyawan   |   06:00 . Prediksi Cuaca Tuban 26 September 2022: Sebagian Berawan   |   05:00 . Pengunjung Main Sepuasanya dengan Ikan Mas di Wisata Pelang Tuban   |   16:00 . Kondisi Akses Jalan di Desa Patihan Tuban Dikeluhkan Warga   |   15:00 . Kalpataru, Peninggalan Sunan Bonang Tuban Mengandung Pesan Kedamaian   |   14:00 . Enam Museum Indonesia Pamerkan Benda Bersejarah di Tuban   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mau Dihapus di 2023, Gaji Tenaga Honorer Tuban Ternyata Rp1,6 Juta per Bulan

bloktuban.com | Thursday, 09 June 2022 09:00

Mau Dihapus di 2023, Gaji Tenaga Honorer Tuban Ternyata Rp1,6 Juta per Bulan Ilustrasi gaji honorer Tuban sebesar Rp1,6 juta. (dok.blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebanyak 1.000 tenaga honorer lebih di lingkup Kabupaten Tuban saat ini ketar ketir, setelah adanya kabar penghapusan honorer mulai 28 November 2023 mendatang. Honorer tersebut akan diganti oleh tenaga alih daya atau yang sering disebut outsorching. 

Selama ini tenaga honorer di Tuban digaji menggunakan dana APBD. Rata-rata mereka menerima gaji sebesar Rp1,6 juta per bulannya. Ketika kebijakan penghapusan honorer berlaku, di sisi lain akan terjadi penghematan APBD cukup besar. 

Hitung-hitungannya, Pemerintah Kabupaten Tuban memiliki 1.000 lebih honorer. Ketika mereka dihapuskan, maka APBD miliyaran rupiah untuk gaji dapat dialihkan ke bidang lain yang lebih urgent. 

"Rata rata Rp1,6 juta, tapi juga ada yang lebih kalau punya spesialisasi khusus. Misal di Dinas Kominfo ada programmer. Ini bisa lebih dari Rp1,6 juta," ujar Kepala Dinas Kominfo dan Informatika, Persandian, dan Statistika Tuban, Arief Handoyo kepada blokTuban.com, Kamis (9/6/2022). 

Baca Juga : Nasib 1.000 Lebih Tenaga Honorer Tuban Terancam Dihapus di Tahun 2023?

Mantan Kabag Hukum Pemkab Tuban itu, menegaskan bahwa setiap honorer mendapatkan gaji berbeda setiap bulannya. Hal itu karena ada tenaga honorer yang memiliki kehalian khusus, dan tidak dimiliki oleh semua honorer di dinas yang sama. 

Senyampang masih proses validasi honorer, Arief melanjutkan bahwa jumlah honorer di setiap intansi berbeda. Rata-rata jika dinasnya kecil, setiap bagiannya kurang lebih ada 3-5 honorer. Sebaliknya, jika dinasnya besar maka honorernya dapat lebih banyak. 

"Kalau bagian paling hanya sekitar 3-5 orang. Kalau dinasnya besar bisa lebih," imbuh juru bicara Pemkab Tuban itu. 

Diberitakan sebelumnya, penghapusan tenaga honorer sendiri merujuk surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, bernomor B/185/M.SM.02.03/2022 yang diundangkan pada 31 Mei 2022.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo mengatakan, akan merekrut pekerja alih daya atau yang sering disebut dengan outsourcing sebagai tenaga tambahan di instansi yang membutuhkan. [Ali]

Tag : Tuban, berita Tuban, Kabupaten Tuban, honorer Tuban, gaji honorer, honorer dihapus 2023



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat