Atlet Paralimpik Tuban Digembleng Hadapi Kejurprov

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Dalam mempersiapkan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) National Paralimpic Commite Indonesia (NPCI) Kabupaten Tuban Cabang olang raga (Cabor) Atletik melakukan latihan fisik seminggu sekali.

Latihan yang dilakukan setiap hari Sabtu ini untuk mempersiapkan fisik dan mental para atlet sebelum melakoni kejuaran tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Kabupaten Jember pada bulan September mendatang.

Para atlet sudah menjalani latian selama satu bulan ini, mereka digembleng teknik dasar seperti latian fisik dan juga melatih tubuh mereka untuk siap bertanding.

“Bulan pertama kita lakukan pelatian dasar dulu untuk mematangkan para atlet bulan kedua baru kita lakukan pelatihan yang menjuru ke Cabor masing-masing” ucap Yanuar pelatih cabor atletik NPCI Kabupaten Tuban kepada blokTuban.com, Sabtu (4/06/2022).

Sampai saat ini kesiapan dari NPCI Tuban sudah mencapai 40% dan harapan dari pelatih agar para atlet yang sudah pernah mendapat mendali tetap dipertahankan dan ditingkatkan, sedangkan atlet yang belum mendapaktkan medali agar bisa mendapatkan medali.

Salaha seorang atlet atletik Kejurprov Saerozi (22) mengatakan untuk persiapan ia akan memperbanyak latihan agar makin matang dalam menghadapi kejuaraan. Ia menargetkan mendapatkan medali pada perlombaan ini.

Dalam Cabor Atletik sendiri Kabupaten Tuban menyiapkan 10 atlet yang nantinya akan berlomba di  lari 400 meter, tolak peluru, lompat jauh, lempar cakram dan lempar lembing. NPCI Tuban sendiri akan mengeluarkan 20 atlet yang nantinya akan berlomba di cabor atletik, voli duduk, dan juga catur.

Selain melatih NPCI Yanuar juga melatih para atlet Porprov 2022 latihan dilakukan bersama guna saling memberi semangat kepada atlet Porprov juga atlet Kejurprov. 

“salah satu tujuannya biar para atlet yang normal termotivasi untuk bisa lebih semangat dan termotivasi untuk juara sedangan dari teman teman disabilitas akan termotivasi bahwa kita juga bisa  meningkatkan mental agar tidak minder saat bertanding,” tambahnya.[Nur/Dwi]