11:00 . Kopi Dicampur Kunyit Bisa Mencegah Diabetes? Ini Alasannya   |   10:00 . Trending Youtube, Lirik Lagu Ay-Yo - NCT 127 (Repackaged) Lengkap Beserta Terjemah Indonesia   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 31 Januari Turun di Level Rp1.027.000 Per Gram   |   08:00 . Keutamaan Mengamalkan Doa Sapu Jagat, Dibaca Setelah Sholat Fardhu   |   07:00 . Resep Prol Tape Tanpa Pakai Mixer, Bisa Langsung Dicoba di Rumah   |   18:00 . Ular Piton Sepanjang 4 Meter Ditemukan di Kandang Ayam Milik Warga di Tuban   |   17:00 . Satus Sengketa Tanah Warga dan Polri di Tuban, Adalah Lapangan Tembak Milik Polres   |   16:00 . Boster ke-2 Sudah Disediakan Bagi Masyarakat Tuban Untuk Cegah Varian Covid Lainnya   |   15:00 . Narapidana Terorisme asal Kudus Dibebaskan Bersyarat oleh Lapas Tuban   |   14:00 . Mengenal Ajian di Budaya Jawa yang Telah Ada Sejak Jaman Dulu   |   13:00 . Turun Rp5.000, Cabai Rawit di Tuban Kini Jadi Rp50.000/Kilogram   |   12:00 . 5 Lokasi Beli Ice Cream Enak dan Murah di Tuban   |   11:00 . Manfaat Bersihkan Area Gigi dengan Siwak, Sunnah Rasulullah Sejak Dulu   |   10:00 . Lirik Lagu No Comment - Tuty Wibowo Feat Bunda Corla Kembali Viral   |   09:00 . Penghujung Januari 2023, Harga Emas Antam Stagnan Selama 3 Hari di Level Rp1.029.000 Per Gram   |  
Tue, 31 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Cocok Untuk Pemula, Begini Cara Merawat Ikan Hias Agar Terjual Mahal

bloktuban.com | Saturday, 04 June 2022 12:00

Cocok Untuk Pemula, Begini Cara Merawat Ikan Hias Agar Terjual Mahal Cara merawat ikan hias. (Sav/Dwi)

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Meski terlihat mudah, rupanya merawat ikan hias juga membutuhkan cara atau penanganan yang tepat. Sebab, melakukan kesalahan sepele saja akan menyebabkan ikan cepat mati, bahkan hanya dalam hitungan hari.

Itulah sebabnya, banyak orang  lebih memilih tidak memelihara atau berjualan ikan hias, karena tergolong memiliki banyak resiko dan berpotensi mengalami kerugiaan. Namun, apabila ikan hias dirawat dengan benar, maka akan tetap bertahan hidup dan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

“Kemarin ada ikan lohan yang  sudah terjual, harganya Rp350 ribu. Memang kalau ikan hias itu butuh perawatan yang benar, kapan hari itu juga pernah satu aquarium mati cuma sisa tiga ini aja, untungnya ikan kecil-kecil,” terang Isma, salah seorang penjaga toko ikan hias di Desa/Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jumat (4/6/2022).

Menurutnya, dalam merawat ikan hias perlu memperhatikan berbagai hal, terutama dalam menjaga kualitas air. seperti menjaga kualitas Ph air maupun stabilitas suhu nya, sebab suhu air yang terlalu panas juga dapat mempengaruhi kesehatan ikan. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan aquarium dari ruangan yang banyak terkena matahari.

Selain itu, pemilik ikan juga harus rajin mengganti air dalam aquarium minimal 1 bulan sekali. Namun dalam mengganti air ini, rupanya ada teknik tersendiri yang dilakukan agar ikan hias tidak stress. Biasanya, untuk mengganti air tidak perlu membuang semua air, cukup 25 persennya saja. Setelah itu naru menambahkan air yang baru.

“Kalau suhu ikan koi yang biasanya pengaruh. Untuk ganti air nya juga bertahap misal diambil tiga jebor, kemudian airnya ditambah lagi satu timba air,” jelasnya.

Tidak sampai disitu saja, perempuan 20 tahu ini juga menambahkan jika  pemasangan filter air di dalam aquarium juga berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup ikan hias. Hal tersebut, karena filter dapat menjaga kualita air sehingga ikan hias tidak mudah mati dan tetap sehat. [Sav/Dwi]

Tag : ikan hias, ikan lohan, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat