Cocok Untuk Pemula, Begini Cara Merawat Ikan Hias Agar Terjual Mahal

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Meski terlihat mudah, rupanya merawat ikan hias juga membutuhkan cara atau penanganan yang tepat. Sebab, melakukan kesalahan sepele saja akan menyebabkan ikan cepat mati, bahkan hanya dalam hitungan hari.

Itulah sebabnya, banyak orang  lebih memilih tidak memelihara atau berjualan ikan hias, karena tergolong memiliki banyak resiko dan berpotensi mengalami kerugiaan. Namun, apabila ikan hias dirawat dengan benar, maka akan tetap bertahan hidup dan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

“Kemarin ada ikan lohan yang  sudah terjual, harganya Rp350 ribu. Memang kalau ikan hias itu butuh perawatan yang benar, kapan hari itu juga pernah satu aquarium mati cuma sisa tiga ini aja, untungnya ikan kecil-kecil,” terang Isma, salah seorang penjaga toko ikan hias di Desa/Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jumat (4/6/2022).

Menurutnya, dalam merawat ikan hias perlu memperhatikan berbagai hal, terutama dalam menjaga kualitas air. seperti menjaga kualitas Ph air maupun stabilitas suhu nya, sebab suhu air yang terlalu panas juga dapat mempengaruhi kesehatan ikan. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan aquarium dari ruangan yang banyak terkena matahari.

Selain itu, pemilik ikan juga harus rajin mengganti air dalam aquarium minimal 1 bulan sekali. Namun dalam mengganti air ini, rupanya ada teknik tersendiri yang dilakukan agar ikan hias tidak stress. Biasanya, untuk mengganti air tidak perlu membuang semua air, cukup 25 persennya saja. Setelah itu naru menambahkan air yang baru.

“Kalau suhu ikan koi yang biasanya pengaruh. Untuk ganti air nya juga bertahap misal diambil tiga jebor, kemudian airnya ditambah lagi satu timba air,” jelasnya.

Tidak sampai disitu saja, perempuan 20 tahu ini juga menambahkan jika  pemasangan filter air di dalam aquarium juga berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup ikan hias. Hal tersebut, karena filter dapat menjaga kualita air sehingga ikan hias tidak mudah mati dan tetap sehat. [Sav/Dwi]