Kantor UPP Kelas III Brondong Gelar Program Padat Karya Bersama 100 Warga

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Brondong, menyelenggarakan Program Padat Karya Tahun 2022. Melibatkan sekitar 100 orang warga desa sekitar Kantor UPP Brondong melaksanakan perawatan area dermaga sekaligus kerja bakti.

Menurut Capt. Faizal, Kepala Kantor UPP, program ini dicanangkan oleh pemerintah khususnya Menteri Perhubungan untuk membantu warga sekitar yang terkena dampak ekonomi saat pandemi melanda dan program ini sudah berlangsung semenjak tahun 2020.

Kegiatan Program Padat karya ini menjadi salah satu program prioritas nasional, di mana sesuai Peraturan Presiden Nomor 96 tahun 2015 sebagai perubahan atas Peraturan Presiden nomor 15 tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 70 tahun 2021 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Padat Karya di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Baca berita terkait : Perkumpulan Dharma Wanita Kantor UPP Brondong Berbagi Sarapan di Tuban

Oleh karena itu, dilakukan upaya percepatan pelaksanaan program padat karya di lingkungan Kementerian Perhubungan sebagai wujud peran serta dalam membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat

“Apalagi saat ini kondisi masyarakat masih dalam kondisi pandemi covid-19 sehingga sesuai dengan arahan Presiden yang telah mengintruksikan kabinetnya untuk mendukung percepatan pengentasan kemiskinan bagi masyarakat yang terdampak pandemi tersebut,” ujar Capt Faizal disela kegiatan, Rabu (25/5/2022). 

Capt. Faizal berharap, melalui kegiatan Padat Karya seperti ini diharapkan dapat dilaksanakan berkelanjutan dan berkontribusi dalam mengurangi pengangguran dan dapat membantu masyarakat miskin memperoleh pekerjaan dan penghasilan. 

“Kami berharap program Padat Karya ini dapat berlanjut ke depan dan bermanfaat bagi masyarakat yang berada di sekitar Kantor UPP Brondong Kelas III,” imbuh pria ramah ini.

Berita terkait sebelumnya: UPP Brondong Bagikan Paket Sembako dan Masker ke Nelayan Jenu

Heny selaku Kepala Desa Sedayulawas mengapresiasi program tersebut karena langsung memberikan dampak positif terhadap warganya. "Semoga program baik ini berkelanjutan," tuturnya.

Selain itu, baik Kantor UPP Brondong dan Pemdes Sedayulawas berkomitmen untuk terus menjaga koordinasi dan komunikasi agar tercipta keamanan dan keselamatan pelayaran. [Ali]