19:00 . Kemarau Jadi Tantangan Bagi Pembudidaya Jamur Tiram di Palang Tuban   |   18:00 . Bingung Mau Nyoblos tapi Masih di Luar Kota? Begini Cara Ajukan Pindah Memilih   |   17:00 . Taman Sleko, Rekomendasi Tempat Nongkrong yang Nyaman di Tuban   |   16:00 . Tiga Kecamatan di Tuban Semakin Gerah, Suhunya Capai 35⁰ Celcius   |   15:00 . Kawasan Hutan Sekitar Area Kilang GRR Tuban Terus Diawasi   |   14:15 . Teknologi Karbon Mulai Diterapkan di Lapangan Sukowati   |   13:00 . Puluhan PPS dan PPK Tuban Mundur dengan Alasan Sama   |   12:00 . 3 Langkah Strategis PHE Di Era Transisi Energi dan Dekarbonasi   |   11:00 . 4 Rute Wisata Tuban yang Perlu Dicoba di 2023   |   10:00 . Cek Lokasi dan Telepon Apotek Tuban yang Buka Hari Ini   |   09:00 . Daftar 10 Kolam Renang di Tuban, Lengkap Alamat dan Jam Buka   |   23:00 . Milenial Tuban Belajar Bisnis Pasar Modal Syariah, Ketua MES Tuban: Tauladan Bisnis Investasi Adalah Rasulullah   |   22:00 . Puncak Musim Kemarau, Pedagang Minuman Kekinian di Tuban Untung 3 Kali Lipat   |   21:00 . Geger VIrus Nipah di India, Dinkes P2KB Tuban: Belum Masuk Indonesia   |   20:00 . Segini Besaran Bonus Atlet Tuban yang Berlaga di Porprov Jatim VIII   |  
Mon, 25 September 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bukan Gelombang Panas, Ini Penyebab Cuaca Panas Belakangan Ini Versi BMKG Tuban

bloktuban.com | Saturday, 14 May 2022 13:00

Bukan Gelombang Panas, Ini Penyebab Cuaca Panas Belakangan Ini Versi BMKG Tuban BMKG Tuban himbau warga aktifitas di dalam ruangan dan menjaga pola minumnya. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Cuaca panas belakangan ini kerap melanda sebagaian besar wilayah Indonesia. Maka tak heran, jika masyarakat sering mengeluhkan suhu panas yang mengakibatkan badan lebih gerah dibandingkan biasanya. 

Menanggapi hal tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban menyebut jika cuaca panas yang dirasakan beberapa hari belakangan ini diakibatkan oleh beberapa faktor. 

“Fenomena panas atau rasa sumuk yang akhir-akhir ini terjadi disebabkan antara lain, satu posisi matahari. Sekarang posisi matahari sudah berada di utara garis khatulistiwa, sehingga hal ini sebagai tanda bahwa akan masuk musim kemarau,” terang Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padama saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Sabtu (14/5/2022).

Musim kemarau sendiri, lanjutnya jika ditandai dengan pertumbuhan awan dan fenomena hujan yang berkurang, sehingga terbilang sangat wajar jika kondisi udara pada siang hari sangat panas karena tidak adanya pertumbuhan awan. 

Untuk itu, ia menegaskan jika cuaca panas ini terjadi bukan berasal dari gelombang panas, melainkan karena kondisi menjelang musim kemarau. Lebih dari itu, Kepala BMKG Tuban juga menyebutkan syarat dari adanya gelombang panas ialah apabila dalam lima hari atau lebih secara berturut-turut suhu maksimum harian berlebih. 

“Fenomena panas ini bukan karena gelombang panas, syarat gelombang panas itu apabila dalam 5 hari berturut-turut suhu maksimum harian lebih tinggi dari suhu maksimum rata-rata hingga 5 derajat celcius,” tegasnya. 

Untuk itu, Zem juga mengimbau untuk terus mewaspadai adanya fenomena panas ini, sebab diprediksi terjadi hingga Bulan Mei. 

“Perlu diwaspadai bahwa fenomena panas (panas terik) atau rasa sumuk yang dirasakan ini diprediksi terjadi sampai Bulai Mei,” imbuhnya. 

Sementara itu, dilansir dari akun instagram resmi BMKG jika cuaca panas ini akan terus berlanjut hingga pertengahan Bulan Mei 2022. Oleh karena itu, BMKG menyarankan untuk masyarakat yang banyak melakukan aktivitas di luar rumah untuk menjaga kondisi tubuh, terutama stamina dan kecukupan cairan. [Sav/Ali]

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, cuaca panas, matahari, katulistiwa, gelombang panas, BMKG Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...
-->

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 14 August 2023 11:00

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB PT Blok Tuban Promosindo yang menaungi website blokTuban.com kembali mendapat kepercayaan dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai tempat praktik Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) tahun 2023, Senin (14/8/2023)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat