12:00 . Ukuran Bank Dunia, Ketimpangan Penduduk Tuban Rendah   |   11:00 . Ekonomi Tuban 2021 Naik 3,00 persen, Ini Penyebabnya   |   10:00 . Data Imunisasi Anak akan Tersimpan di Aplikasi PeduliLindungi   |   09:00 . Tak Layak untuk Ibadah dan Mengaji, Musala Al Ikhlas Desa Kaligede Akhirnya Direhab Satgas TMMD   |   19:00 . Halal Bihalal di Tuban, Sekum PP Muhammadiyah : Penyakit PMK Jangan Dianggap Remeh   |   17:00 . Gerindra Tuban Tancap Gas, Siap Antarkan Prabowo Subianto ke RI-1   |   16:00 . Libur Akhir Pekan, Yuk Intip Keseruan Anak-anak Bermain Air di Pantai Pasir Putih   |   14:00 . Pantai Semilir Tuban Punya Wahana Baru Banana Boat, Segini Tarifnya   |   13:00 . Ratusan Karya Seni Rupa Siswa Tuban Dipamerkan di Wisata Pantai Kelapa   |   12:00 . Jokowi Tegaskan Perang Tak Untungkan Siapapun, Mendag Fokus Pemulihan Ekonomi ASEAN   |   11:00 . Siap-siap! Vendor SIG Tuban yang Abaikan K3 Terima Skorsing   |   10:00 . Sepenggal Kisah Sumur Gemuling dan Lingga Yoni di Masjid Al-Falah Tuban   |   09:00 . Raden Santri, Kerabat Sunan Muria di Desa Cangkring   |   08:00 . Mendag Lutfi: Penguatan ASEAN Kunci Pertumbuhan Ekonomi Kawasan   |   16:00 . Jangan Takut Cepat Pudar, Begini Cara Mencuci Pakaian Hitam Agar Tetap Pekat dan Terlihat Baru   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bukan Gelombang Panas, Ini Penyebab Cuaca Panas Belakangan Ini Versi BMKG Tuban

bloktuban.com | Saturday, 14 May 2022 13:00

Bukan Gelombang Panas, Ini Penyebab Cuaca Panas Belakangan Ini Versi BMKG Tuban BMKG Tuban himbau warga aktifitas di dalam ruangan dan menjaga pola minumnya. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Cuaca panas belakangan ini kerap melanda sebagaian besar wilayah Indonesia. Maka tak heran, jika masyarakat sering mengeluhkan suhu panas yang mengakibatkan badan lebih gerah dibandingkan biasanya. 

Menanggapi hal tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban menyebut jika cuaca panas yang dirasakan beberapa hari belakangan ini diakibatkan oleh beberapa faktor. 

“Fenomena panas atau rasa sumuk yang akhir-akhir ini terjadi disebabkan antara lain, satu posisi matahari. Sekarang posisi matahari sudah berada di utara garis khatulistiwa, sehingga hal ini sebagai tanda bahwa akan masuk musim kemarau,” terang Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padama saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Sabtu (14/5/2022).

Musim kemarau sendiri, lanjutnya jika ditandai dengan pertumbuhan awan dan fenomena hujan yang berkurang, sehingga terbilang sangat wajar jika kondisi udara pada siang hari sangat panas karena tidak adanya pertumbuhan awan. 

Untuk itu, ia menegaskan jika cuaca panas ini terjadi bukan berasal dari gelombang panas, melainkan karena kondisi menjelang musim kemarau. Lebih dari itu, Kepala BMKG Tuban juga menyebutkan syarat dari adanya gelombang panas ialah apabila dalam lima hari atau lebih secara berturut-turut suhu maksimum harian berlebih. 

“Fenomena panas ini bukan karena gelombang panas, syarat gelombang panas itu apabila dalam 5 hari berturut-turut suhu maksimum harian lebih tinggi dari suhu maksimum rata-rata hingga 5 derajat celcius,” tegasnya. 

Untuk itu, Zem juga mengimbau untuk terus mewaspadai adanya fenomena panas ini, sebab diprediksi terjadi hingga Bulan Mei. 

“Perlu diwaspadai bahwa fenomena panas (panas terik) atau rasa sumuk yang dirasakan ini diprediksi terjadi sampai Bulai Mei,” imbuhnya. 

Sementara itu, dilansir dari akun instagram resmi BMKG jika cuaca panas ini akan terus berlanjut hingga pertengahan Bulan Mei 2022. Oleh karena itu, BMKG menyarankan untuk masyarakat yang banyak melakukan aktivitas di luar rumah untuk menjaga kondisi tubuh, terutama stamina dan kecukupan cairan. [Sav/Ali]

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, cuaca panas, matahari, katulistiwa, gelombang panas, BMKG Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more