17:00 . Enam Film Ini Diputar di Bioskop NSC Tuban Akhir Pekan   |   16:00 . Akhir Pekan, Cabai Keriting dan Rawit Tuban Turun   |   15:00 . Dahaga Pedagang Sapi Tuban Terobati, Berharap Ekonomi Pulih   |   14:00 . Resmi Dibuka Hari Ini, Pasar Hewan Tuban Diserbu Penjual Sapi Lokal dan Luar Kota   |   13:00 . Peringatan Dini 3 Harian : Waspada Angin Kencang di Tuban, Bojonegoro dan Lamongan   |   12:00 . Mantan CEO Arema Ajak Ringankan Beban Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Malang   |   11:00 . YLBH Minta Negara Bertanggung Jawab Atas Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang   |   10:00 . Sang Penjaga Bumi   |   09:00 . Lirik Lagu 'Teteg Ati' dan Chord - Happy Asmara Trending di Youtube   |   08:00 . 3 Amalan Sambut Maulid Nabi, Wujud Cinta Terhadap Rasullah SAW   |   07:00 . Layanan Jantung di RSUD Koesma Tuban Belum Bisa Diakses Pasien BPJS   |   06:00 . Bukit Lei Resmi Jadi Venue Paralayang Kedua di Tuban, Langsung Dipakai Liga Jatim Seri II   |   05:00 . Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, 127 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia   |   19:00 . Ribuan Masyarakat Padati Festival Bakar Ikan di Tuban   |   18:00 . Peringati Hari Jadi Tuban ke 729, Kecamatan Jenu Bakar 7.290 Ekor Ikan   |  
Sun, 02 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Lukisan Background Bakar Karya Seniman Tuban Diminati hingga Jakarta

bloktuban.com | Saturday, 14 May 2022 11:00

Lukisan Background Bakar Karya Seniman Tuban Diminati hingga Jakarta Lukisan dengan backgriund bakar karya seniman Bancar banyak peminatnya. (Foto:Rev/blokTuban.com)

Reporter : Winda Refian

blokTuban.com - Kreativitas bisa mengubah sesuatu yang biasa menjadi karya yang menakjubkan. Seperti yang dilakukan Dairoti Inayah. Pelukis muda asal Kecamatan Bancar ini memberikan sentuhan api pada karya lukisnya.

Gadis berkacamata yang akrab disapa Inayah ini, mulai mengasah bakat melukisnya sejak masih duduk di bangku kelas XI SMA. Ia juga tergabung dalam beberapa komunitas seni rupa di Kabupaten Tuban. Setahun kemudian, ia mulai memberanikan diri untuk memasarkan lukisan yang ia buat dengan berbagai teknik dan kreasi.

Salah satu jenis lukisan yang ia garap adalah lukisan background bakar. Awalnya, lukisan dengan sentuhan api ini ia buat karena terinspirasi dari temannya.

"Awalnya saya terinspirasi dari story teman yang lagi bakar foto, ditambah dengan referensi lukisan di kulit," paparnya kepada blokTuban.com, Sabtu (14/5/2022).

Dalam penggarapannya, Inayah menggunakan teknik arsir dan dusel. Sedangkan untuk pembakarannya, ia hanya mengikuti arah api dari tepi kertas dengan memperkirakan jarak objek lukisan.

Inayah menjelaskan, untuk menyelesaikan satu lukisan background bakar biasanya biasanya memakan waktu 3 hari hingga 1 minggu.

"Kalau lukisan yang berwarna biasanya ukuran 10R bisa jadi paling lama 3 hari. Untuk ukuran 12R ke atas kurang lebih 1 minggu. Intinya tergantung ukuran dan tingkat kerumitan lukisan," Jelasnya.

Dalam sebulan, ia bisa melukis 3 hingga 5 lukisan, tergantung permintaan pelanggannya. Ia mematok harga yang relatif terjangkau pada setiap lukisan yang ia buat, yakni mulai dari 150 ribu, dan tergantung ukuran dan jumlah objek lukisannya.

Peminat lukisan background bakar buatannya tak hanya dari Tuban saja. Karena masih jarang ditemui lukisan jenis ini, ia juga kerap menerima pesanan lukisan dari luar kota seperti Jawa Tengah bahkan ibu kota Jakarta.

"Alhamdulillah, lukisan yang saya buat banyak diminati pelanggan karena masih jarang ditemukan lukisan background bakar seperti ini," Pungkasnya. (Rev/Ali]

 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban lukisan bakar, seniman Tuban, tembus Jakarta



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat