11:00 . Kopi Dicampur Kunyit Bisa Mencegah Diabetes? Ini Alasannya   |   10:00 . Trending Youtube, Lirik Lagu Ay-Yo - NCT 127 (Repackaged) Lengkap Beserta Terjemah Indonesia   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 31 Januari Turun di Level Rp1.027.000 Per Gram   |   08:00 . Keutamaan Mengamalkan Doa Sapu Jagat, Dibaca Setelah Sholat Fardhu   |   07:00 . Resep Prol Tape Tanpa Pakai Mixer, Bisa Langsung Dicoba di Rumah   |   18:00 . Ular Piton Sepanjang 4 Meter Ditemukan di Kandang Ayam Milik Warga di Tuban   |   17:00 . Satus Sengketa Tanah Warga dan Polri di Tuban, Adalah Lapangan Tembak Milik Polres   |   16:00 . Boster ke-2 Sudah Disediakan Bagi Masyarakat Tuban Untuk Cegah Varian Covid Lainnya   |   15:00 . Narapidana Terorisme asal Kudus Dibebaskan Bersyarat oleh Lapas Tuban   |   14:00 . Mengenal Ajian di Budaya Jawa yang Telah Ada Sejak Jaman Dulu   |   13:00 . Turun Rp5.000, Cabai Rawit di Tuban Kini Jadi Rp50.000/Kilogram   |   12:00 . 5 Lokasi Beli Ice Cream Enak dan Murah di Tuban   |   11:00 . Manfaat Bersihkan Area Gigi dengan Siwak, Sunnah Rasulullah Sejak Dulu   |   10:00 . Lirik Lagu No Comment - Tuty Wibowo Feat Bunda Corla Kembali Viral   |   09:00 . Penghujung Januari 2023, Harga Emas Antam Stagnan Selama 3 Hari di Level Rp1.029.000 Per Gram   |  
Tue, 31 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

EMCL Menanam 100 Pohon Palm untuk Konservasi di Desa Ngimbang

bloktuban.com | Thursday, 12 May 2022 10:00

EMCL Menanam 100 Pohon Palm untuk Konservasi di Desa Ngimbang Perwakilan EMCL, Febry Silaban, didampingi Kades dan Pengurus HIPAM Desa Ngimbang, Palang. (dok.EMCL)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dari 328 Kelurahan/Desa di Kabupaten Tuban ada sebuah desa yang menarik, karena keberhasilannya dalam mengelola air bersih. Desa tersebut bernama Ngimbang di Kecamatan Palang

Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) desa ini beberapa kali mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jatim, Kementrian, dan institusi lainnya. HIPPAM “Tirto Langgeng” mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga hingga ke rumah. Padahal dulu di sana selalu kesulitan air.

Kehadiran HIPPAM hanya menyelesaikan persoalan air, tapi juga menambah pendapatan asli desa. Setiap tahun, unit usaha BUMDes Ngimbang ini mampu menyumbang Rp25-35 juta untuk desa. Kini Pemerintah Desa terus mengembangkan potensinya. Termasuk menjaga kondisi air tanah di sana.

“Untuk konservasi air, kami menanam pohon,” ucap Kepala Desa Ngimbang, Yayik Achmad, Kamis (12/5/2022).

Yayik menjelaskan, pihaknya menanam 100 pohon palem. Pohon tersebut ditanam di sekitar sumber air. Selain mampu menahan air tiga kali lebih banyak dari pohon lain, palem juga secara estetika indah dilihat.

“Pohon-pohon ini adalah bantuan dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL),” imbuh Yayik.

Baca berita sebelumnya : EMCL Salurkan 300 Paket Sembako untuk Masyarakat Jalur Pipa Tuban

Kepala Desa dua periode ini mengatakan bahwa wilayah tersebut juga akan dikembangkan sebagai tempat wisata. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ngimbang menyambut baik rencana ini. Rencananya, kawasan wisata bisa dibuka mulai awal tahun depan.

“Wisata ini dijadwalkan akan launching pada Januari 2023. Di sana akan dibangun sarana outbound track, jogging track, Spot selfie, Camping ground, Paralayang,” ucap Kades.

Kades menyampaikan terima kasih kepada EMCL dan SKK Migas yang telah membantu Desa Ngimbang sejak mulai program air bersih pada 2012. Bantuan dari EMCL, kata dia, mulai dari membangun fasilitas air bersih hingga mendampingi HIPPAM. 

“Dengan semangat membangun desa, kami yakin rencana ini akan berhasil dan bermanfaat untuk masyarakat,” tegasnya.

Perwakilan EMCL, Febry Silaban mengatakan bahwa dukungan untuk Desa Ngimbang merupakan bagian dari komitmen EMCL dalam membantu Pemerintah untuk meningkatkan taraf kesehatan dan ekonomi masyarakat. 

Menurutnya, Desa Ngimbang sebagai bagian dari wilayah jalur pipa Lapangan Minyak Banyu Urip telah menunjukkan komitmen yang baik. Sehingga program yang digulirkan EMCL bisa berkembang demikian pesatnya.

“Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Desa dan masyarakatnya atas dukungan kepada proyek negara yang dioperatori EMCL. Keberhasilan operasi EMCL di Lapangan Banyu Urip sangat berarti dengan adanya dukungan dan komitmen masyarakat, termasuk dalam menjaga keamanan dan keselamatan jalur pipa,” ujarnya.

Febry berharap, kolaborasi yang baik tersebut terus berlanjut. Kata dia, keberhasilan ini tidak akan tercapai jika Pemdes tidak peduli terhadap warganya. 

“Semoga 100 tanaman palem ini bisa menambah semangat Pemdes dan masyarakat Desa Ngimbang dalam memajukan desa,” pungkasnya. (*)

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, EMCL, Desa Ngimbang, HIPPAM, air bersih, pohon Palm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat