Antusias Masyarakat Tuban Sambut Lebaran, Padati Sejumlah Toko Kue Kering

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Lebaran kurang sebentar lagi, maka tak heran banyak masyarakat berlomba-lomba untuk menyiapkan berbagai keperluan. Seperti membersihkan rumah, membeli pakaian ataupun membeli sejumlah makanan untuk disuguhkan kepada para tamu yang berkunjung. 

Maka dari itu, hingga saat ini banyak masyarakat yang masih memadati berbagai pusat perbelanjaan. Selain toko baju, salah satu toko yang juga nampak padat ialah toko jajanan atau kue kering yang berada di sejumlah toko di Kabupaten Tuban

Menurut Erawati, salah satu pembeli kue kering di Pasar Baru Tuban jika membeli jajanan untuk lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. 

“Memang sudah adat sepertinya kalau lebaran harus ada jajan di atas meja, karena memang kan banyak tamu yang datang ke rumah jadi harus disediakan makanan dan minuman,” katanya kepada blokTuban.com, Minggu (1/5/2022). 

Adanya suguhan tersebut, lanjutnya sebagai suatu penghormatan kepada para tamu yang berkunjung ke kediamannya. Selain itu, hal ini juga sebagai bentuk tauladan dari Nabi Muhammad untuk memuliakan tamu. 

Sementara itu, pedagang jajanan dan kue kering di Kecamatan Plumpang, Siti mengatakan bahwa sejak memasuki awal Bulan Ramadan, tokonya selalu ramai diserbu oleh para pembeli. Ia menilai jika satu minggu trakhir ini, puncak masyarakat dalam membeli jajan.

“Alhamdulillah sejak awal puasa sudah banyak yang cari jajan, tapi memang seminggu ini ramai-ramainya karena memang kan sudah mau lebaran,” katanya. 

Dalam sehari, Siti mengaku jika toko jajannya bisa tembus 50 hingga 70 pembeli yang datang mencari kue lebaran. Ada banyak kue lebaran yang dijajakan olehnya, seperti kuping gajah, kastangel, astor, putri salju, dan masih banyak lagi.

Menurut perempuan ramah tersebut, lebaran tahun ini merupakan lebaran yang lebih ramai dibandingkan dua tahun lalu. Oleh karena itu, ia sangat bersyukur dan menganggap jika bulan Ramadan membawa berkah sendiri bagi dirinya. 

“Tahun ini lebih ramai dari dua tahun kemarin, mungkin karena memang banyak yang mudik jadi persiapan suguhannya juga banyak,” tutupnya. [Sav/Ali]