23:00 . 8 Khasiat Air Kelapa Wulung Muda Tuban yang Harganya Lebih Mahal dari Kelapa Ijo   |   22:00 . Polisi Tandai 2 Lokasi Balap Liar di Tuban, Patroli Spontan akan Digalakkan   |   21:00 . Bappeda Tuban Prediksi Reaktitasi Jalur Kereta Api Lebih Dulu Dibanding Tol Demak-Tuban   |   20:30 . Posko Penyekatan Hewan Ternak di Perbatasan Tuban-Rembang   |   20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Antusias Masyarakat Tuban Sambut Lebaran, Padati Sejumlah Toko Kue Kering

bloktuban.com | Sunday, 01 May 2022 11:00

Antusias Masyarakat Tuban Sambut Lebaran, Padati Sejumlah Toko Kue Kering Toko kue di Kecamatan Plumpang diserbu pembeli. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Lebaran kurang sebentar lagi, maka tak heran banyak masyarakat berlomba-lomba untuk menyiapkan berbagai keperluan. Seperti membersihkan rumah, membeli pakaian ataupun membeli sejumlah makanan untuk disuguhkan kepada para tamu yang berkunjung. 

Maka dari itu, hingga saat ini banyak masyarakat yang masih memadati berbagai pusat perbelanjaan. Selain toko baju, salah satu toko yang juga nampak padat ialah toko jajanan atau kue kering yang berada di sejumlah toko di Kabupaten Tuban

Menurut Erawati, salah satu pembeli kue kering di Pasar Baru Tuban jika membeli jajanan untuk lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. 

“Memang sudah adat sepertinya kalau lebaran harus ada jajan di atas meja, karena memang kan banyak tamu yang datang ke rumah jadi harus disediakan makanan dan minuman,” katanya kepada blokTuban.com, Minggu (1/5/2022). 

Adanya suguhan tersebut, lanjutnya sebagai suatu penghormatan kepada para tamu yang berkunjung ke kediamannya. Selain itu, hal ini juga sebagai bentuk tauladan dari Nabi Muhammad untuk memuliakan tamu. 

Sementara itu, pedagang jajanan dan kue kering di Kecamatan Plumpang, Siti mengatakan bahwa sejak memasuki awal Bulan Ramadan, tokonya selalu ramai diserbu oleh para pembeli. Ia menilai jika satu minggu trakhir ini, puncak masyarakat dalam membeli jajan.

“Alhamdulillah sejak awal puasa sudah banyak yang cari jajan, tapi memang seminggu ini ramai-ramainya karena memang kan sudah mau lebaran,” katanya. 

Dalam sehari, Siti mengaku jika toko jajannya bisa tembus 50 hingga 70 pembeli yang datang mencari kue lebaran. Ada banyak kue lebaran yang dijajakan olehnya, seperti kuping gajah, kastangel, astor, putri salju, dan masih banyak lagi.

Menurut perempuan ramah tersebut, lebaran tahun ini merupakan lebaran yang lebih ramai dibandingkan dua tahun lalu. Oleh karena itu, ia sangat bersyukur dan menganggap jika bulan Ramadan membawa berkah sendiri bagi dirinya. 

“Tahun ini lebih ramai dari dua tahun kemarin, mungkin karena memang banyak yang mudik jadi persiapan suguhannya juga banyak,” tutupnya. [Sav/Ali]

 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, Toko kue, kue kring, kue lebaran



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat